Sukses

Resmi Diluncurkan, Apple Music Siap Saingi Spotify

Gantikan layanan streaming Beats, Apple akhirnya resmi perkenalkan layanan streaming terbarunya, Apple Music.

Liputan6.com, Jakarta - Perhelatan Apple WWDC 2015 (Worldwide Developer Conference) baru saja diadakan, Senin malam, 8 Juni 2015 waktu Amerika Serikat.

Terdapat beberapa update terbaru yang resmi diumumkan oleh Apple, salah satunya adalah layanan streaming musik yang akan hadir dalam waktu dekat, Apple Music.

Sebelumnya telah terdengar rumor yang mengabarkan bahwa Apple sedang mempersiapkan layanan streaming terbaru. Nyatanya, memang layanan streaming Apple Music yang resmi diperkenalkan di pagelaran WWDC 2015 merupakan aplikasi reboot dari layanan streaming musik Beats Dr Dre yang sudah lebih dulu hadir.

Laman Wired, Selasa (9/6/2015) melansir bahwa Apple Music diklaim pihak Apple sebagai aplikasi yang menghadirkan pengalaman mendengarkan musik dan juga `lebih dekat` dengan para musisinya.

Dengan kata lain aplikasi ini tak sekadar memberikan layanan streaming saja, namun juga memberikan paket komplit dimana para pengguna dapat berinteraksi secara langsung dengan musisi meskipun tidak bertatap muka.

Layanan ini akan menghadirkan akses jutaan lagu yang dikurasi dari para musisi, editor, dan DJ. Bahkan, Apple Music juga bakal dilengkapi layanan streaming radio yang akan di-host oleh DJ kondang Zane Lowe.

Selain itu, pengguna dapat menikmati akses backstage ke para musisi favorit Anda (selagi mereka masih memiliki kontennya).

Lebih lanjut, Apple menjelaskan bahwa aplikasi layanan streaming musik ini juga akan melakukan rekognisi ke `sentuhan manusia` sehingga memudahkan akses untuk memilih lagu bahkan playlist di saat yang tepat, begitu mudah dan praktis.

Apple Music secara spesifik mengintegrasikan semua hal yang Anda tahu dari iTunes Library dengan kemampuan melakukan stream dan listen ke jenis musik apapun yang Anda inginkan.

Anda bahkan dapat memulai dari awal lagi ketika menggunakan layanan ini. Cukup klik ikon "For You" dan nantinya pilihan musik akan direkomendasikan langsung sesuai dengan selera Anda.

Layanan ini tak hanya akan tersedia bagi pengguna iOS, bagi Anda para pengguna Android juga dapat merasakan layanan streaming anyar Apple ini. Apple Music akan diluncurkan di 100 negara dan akan membanderol layanannya dengan harga US$ 9.99 atau sekitar Rp 133 ribuan per bulan dengan trial gratis di tiga bulan pertama.

Dengan hadirnya Apple Music, Apple tentunya harus bersaing dengan layanan musik streaming lainnya, seperti Spotify, YouTube dengan layanannya yang bernama Music Key, dan juga layanan streaming Tidal milik rapper Jay Z.

(jek/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini