Sukses

Dikritik Taylor Swift, Apple Music Langsung Ubah Kebijakan

Apple berjanji akan membayar musisi yang mendistribukan musik mereka di Apple Music, meskipun masih dalam masa ujicoba.

Liputan6.com, Jakarta - Apple tampaknya telah mengubah kebijakan dan berjanji akan membayar musisi yang mendistribukan musik mereka di Apple Music, meskipun masih dalam masa ujicoba.

Hal ini dilakukan Apple, setelah Taylor Swift mengkritik habis-habisan terkait keputusan Apple Music untuk tidak membayar royalti musisi untuk masa percobaan gratis 3 bulan. 

Dalam surat terbuka, Swift menulis, keputusan tersebut adalah mengejutkan, mengecewakan, dan tidak menggambarkan sebuah perusahaan besar.

Mengutip laman Telegraph, Senin (22/6/2015), Apple menanggapi kritikan Swift dalam serangkaian tweets dari Eddy Cue, Wakil Presiden Senior dari Internet Software and Services.

<blockquote class="twitter-tweet" lang="en"><p lang="en" dir="ltr"><a href="https://twitter.com/hashtag/AppleMusic?src=hash">#AppleMusic</a> will pay artist for streaming, even during customer’s free trial period</p>&mdash; Eddy Cue (@cue) <a href="https://twitter.com/cue/status/612824775220555776">June 22, 2015</a></blockquote>
<script async src="//platform.twitter.com/widgets.js" charset="utf-8"></script>

"#AppleMusic Akan membayar artis untuk streaming, bahkan selama masa percobaan gratis," tulis Cue, dan menambahkan, "Kami mendengar Anda @taylorswift13 dan artis indie. Love, Apple."

<blockquote class="twitter-tweet" lang="en"><p lang="en" dir="ltr">We hear you <a href="https://twitter.com/taylorswift13">@taylorswift13</a> and indie artists. Love, Apple</p>&mdash; Eddy Cue (@cue) <a href="https://twitter.com/cue/status/612824947342229504">June 22, 2015</a></blockquote>
<script async src="//platform.twitter.com/widgets.js" charset="utf-8"></script>

Dalam hal ini Swift mengatakan, dirinya tidak akan menjadi bagian dari Apple Music bukan hanya karena kepentingan pribadi semata. "Ini tentang melindungi artis baru yang tidak akan dibayar untuk keberhasilannya," tambah Swift.

"Tiga bulan adalah waktu yang lama untuk tidak dibayar, dan itu tidak adil untuk siapapun karena bekerja tanpa mendapatkan apa-apa. Saya mengatakan ini dengan cinta, hormat, dan kekaguman untuk segala sesuatu yang lain," pungkasnya.

Swift menegaskan, dirinya akan bekerjasama dengan Apple Music ketika perusahaan berlaku adil kepada mereka yang menciptakan musik.

(isk/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.