Sukses

Foto Perdana Pluto Hadir di Instagram

Instagram dipilih oleh NASA sebagai satu-satunya media sosial untuk berbagi foto perdana penampakan Pluto dari dekat.

Liputan6.com, Jakarta - Misi ekspedisi Pluto yang telah dilakukan oleh The National Aeronautics and Space Administration (NASA) selama sembilan tahun lamanya akhirnya menuai kesuksesan.

Pada Selasa lalu, (14/7/2015), pesawat luar angkasa milik NASA, New Horizons berhasil mencapai orbit Pluto dan berada di dalam lintasan jarak terdekat dengan planet kerdil terjauh di tata surya tersebut.

NASA pun memanfaatkan momen selebrasi ini untuk memperlihatkan Pluto ke dunia dengan membagikan foto perdananya. Uniknya, kali ini debut foto Pluto untuk pertama kalinya tidak diunggah di situs resmi NASA, melainkan di akun Instagram.

Sebelum debut foto Pluto diperlihatkan ke publik, NASA menjelaskan bahwa Instagram merupakan jejaring sosial pertama yang mendapatkan kesempatan untuk mem-posting foto Pluto ke dunia untuk pertama kalinya.

"Kami telah membuat keputusan editorial untuk memberi kesempatan dunia untuk melihat seperti apa Pluto melalui Instagram," kata John Yembrick, Manajer Media Sosial NASA, sebagaimana dikutip laman Wired, Senin (20/7/2015).

Pihak NASA mengungkap alasannya mengapa mereka ingin mem-posting debut foto Pluto di Instagram. Ini karena Instagram dinilai sangat populer dan digunakan oleh banyak orang.

Di sisi lain, Instagram pun menyambut positif keputusan NASA yang memperlihatkan debut foto Pluto tersebut. "Ini pertama kalinya kami menyadari bahwa Instagram telah diberikan kesempatan langka untuk memperlihatkan sebuah debut fenomena alam yang dapat disaksikan semua orang," kata seorang juru bicara Instagram.

 

Gorgeous Pluto! The dwarf planet has sent a love note back to Earth via our New Horizons spacecraft, which has traveled more than 9 years and 3+ billion miles. This is the last and most detailed image of Pluto sent to Earth before the moment of closest approach, which was at 7:49 a.m. EDT Tuesday - about 7,750 miles above the surface -- roughly the same distance from New York to Mumbai, India - making it the first-ever space mission to explore a world so far from Earth. This stunning image of the dwarf planet was captured from New Horizons at about 4 p.m. EDT on July 13, about 16 hours before the moment of closest approach. The spacecraft was 476,000 miles (766,000 kilometers) from the surface. Images from closest approach are expected to be released on Wednesday, July 15. Image Credit: NASA #nasa #pluto #plutoflyby #newhorizons#solarsystem #nasabeyond #science

A photo posted by NASA (@nasa) on


Foto yang di-posting di akun resmi Instagram NASA tersebut mendapatkan banyak respon dan likes lebih dari 354 ribu kali. Tak heran, akun Instagram milik NASA memang miliki followers yang sangat banyak, yakni 3,9 juta. (jek/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.