Sukses

Earphone Ini Bisa Bantu Pasutri Dapatkan Momongan

Earphone ini diklaim dapat membantu wanita untuk mengetahui masa suburnya.

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan teknologi turut mempengaruhi dunia kesehatan. Berbagai perangakt inovatif pun bermunculan untuk meningkatkan kualitasi hidup umat manusia. Salah satunya adalah sebuah earphone bernama "Yono" yang diklaim dapat memantu pasangan suami istri (pasutri) yang tengah menjalani program kehamilan.

Yono merupakan earphone in-ear yang didesain untuk melacak siklus pembuahan. Sehingga, para wanita dapat mengetahui waktu mereka sedang subur.

Cara kerja alat ini adalah dengan mengawasi basal body temperature (BBT) perempuan yang biasanya meningkat menjelang masa subur. Earphone ini dapat mengukur temperatur penggunanya sampai dengan 70 kali setiap malam. Kemudian, data tersebut akan dikirim ke aplikasi Yono pada pagi harinya. Data yang diterima kemudian dianalis dan hasilnya dapat memberikan informasi tentang jendela masa subur ideal bagi wanita. 

Yono didesain oleh Vanessa Xi, seorang sarjana lulusan Stanford University. Vanessa mulai mengembangkan alat ini setelah dia menemukan bahwa tidak semua orang dapat mengaplikasikan termometer BBT dengan benar.

Perangkat ini juga telah dikampanyekan oleh situs crowd funding Kickstarter dan telah berhasil mengumpulkan dana sebesar US$ 20.250 dari total target US$ 30.000.

Bila target dana yang dibutuhkan telah terpenuhi, Yono diharapkan dapat diluncurkan pada Desember 2015 dengan banderol harga sekitar US$ 99.

(dam/dhi)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini