Sukses

Aplikasi Ini Bantu Pengguna Android Hindari Serangan StageFright

Zimperium telah merilis aplikasi untuk membantu pengguna Android mengatasi bug StageFright.

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini para pengguna perangkat Android dibuat heboh dengan ditemukannya sebuah celah keamanan (bug) yang dikenal dengan sebutan "StageFright".

Menanggapi hal ini, Google segera bergerak cepat dengan mengeluarkan update keamanan terbaru bagi perangkat berbasis Android. Namun sayang, untuk sementara update keamanan tersebut masih terbatas bagi perangkat Nexus saja.

Akan tetapi jangan khawatir, sebab bagi Anda para pengguna perangkat Android di luar seri Nexus, kini perusahaan keamanan Zimperium zLabs telah merilis aplikasi khusus untuk mengatasi bug StageFright.

Mengutip informasi dari laman The Guardian, Senin (10/8/2015), aplikasi gratis yang diberi nama StageFright Detector App ini mampu menjalankan enam langkah pemeriksaan bug StageFright.

Stagefright sendiri pertama kali ditemukan oleh Joshua J. Drake, peneliti dari perusahaan keamanan Zimperium zLabs. Hasil penelitian Drake mengungkapkan bahwa 95% dari total seluruh perangkat Android yang beredar dapat diretas dengan mudah melalui bug tersebut. Bahkan, jelas Drake, hanya butuh satu pesan multimedia (MMS) untuk meretas perangkat Android.

Bug ini terletak pada media libraries perangkat Android yang berfungsi untuk membaca format file umum seperti PDF. Bahayanya, penyusupan malware melalui bug ini tidak membutuhkan interaksi dengan pengguna.

(dam/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.