Sukses

Jumlah Musik Digital Tembus 1 Triliun di Dunia

Layanan musik streaming kian digandrungi pengguna internet. Apple Music optimistis dengan bisnis barunya itu.

Liputan6.com, Jakarta - Musik digital atau biasa disebut streaming, tampaknya mulai mengambil alih industri musik di dunia. Buktinya, kini terdapat 1 triliun musik yang beredar pada layanan music streaming saat ini.

Menurut yang dilansir laman Business Insider, dan dikutip Jumat (21/8/2015), pencapaian itu disebutkan pada laporan tahunan Next Big Sound. "Dalam enam bulan pertama, lebih dari 1 triliun musik dapat dimainkan secara streaming," tulis laporan tersebut.

Dari jumlah tersebut, sebagian besar dimainkan dari beberapa penyedia layanan streaming populer, misalnya saja Youtube dan Vevo.

Tampaknya tingginya jumlah musik digital, turut didorong oleh kehadiran layanan Apple Music yang resmi masuk pada awal tahun ini. Sempat ada yang meragukan eksistensi Apple Music di pasaran.

Penjualan album di Amerika Serikat dan di dunia banyak menjadi hits berkat layanan streaming.

"Ketika Apple Music mulai masuk, banyak artis yang menginginkan kerjasama eksklusif, sehingga dapat mendorong jumlah pengguna lebih besar," tambah dari laporan itu.

Tren layanan musik streaming dinilai bergerak sangat cepat. BayangkN tersapat 30 juta lagu dimainkan streaming dalam satu kali klik. Ini juga menandakan pencinta musik ingin mendapatkan lagu dengan cara cepat dan harga murah.

(cas/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini