Sukses

Pelanggan Indosat Belum Butuh Layanan VoLTE

Meski sudah melakukan uji coba layanan VoLTE tahun lalu, Indosat belum tertarik meluncurkannya ke pelanggan tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Seiring dengan semakin tertatanya ekosistem jaringan 4G LTE, operator seluler di Tanah Air pun ramai-ramai mulai menggeber layanan voice over LTE (VoLTE).

Akan terapi, PT Indosat Tbk (Indosat) sepertinya masih belum berniat untuk menghadirkan layanan tersebut kepada 68,5 juta pelanggannya dalam waktu dekat.

"Kami memang sudah uji coba VoLTE di 900 MHz tahun lalu. Tapi, kami pikir nanti saja launching-nya. Saat ini belum terlalu (butuh) lah," ujar Alexander Rusli, Presiden Direktur & CEO Indosat, usai MoU Signing VAS Content Indosat dengan Barcelona, Intermilan, dan Arsenal, Senin (31/8/2015).

Menurut Alexander Rusli, salah satu alasan utama kenapa pihaknya menunda adalah karena saat ini belum ada standar spesifikasi teknis mengenai layanan VoLTE di dunia, terlebih Indonesia. Bahkan, Korea Selatan yang telah menerapkan layanan VoLTE pun menerapkan standarnya sendiri.

"Kalaupun sudah ada yang menerapkan, itu masih jalan liar dan adu cepat-cepatan saja. Memang standar spesifikasinya belum satu suara. Jika nanti ada riset yang membahas detil soal VoLTE, baru kami akan serius garap itu," tambahnya.

Bagi Anda yang belum mengetahuinya, pasti penasaran dengan apa yang dinamakan VoLTE. Bila dijelaskan secara sederhana, layanan ini merupakan layanan paggilan suara (voice call) yang berjalan di atas jaringan 4G dengan kualitas voice HD. Dengan kata lain, dengan layanan VoLTE, panggilan telepon yang dilakukan akan terdengar lebih jelas, jernih dan stabil.

Beberapa operator lain seperti Telkomsel dan XL Axiata sudah melakukan uji coba layanan VoLTE beberapa waktu lalu. Telkomsel bahkan memperkirakan layanan ini sudah dapat dinikmati pelanggan pada akhir tahun ini.

(cas/dhi)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.