Sukses

Asyiknya Konsultasi Kesehatan via Video Call Dengan Aplikasi Ini

Telah hadir aplikasi konsultasi kesehatan melalui video call secara real-time dengan dokter dan spesialis.

Liputan6.com, Jakarta - Dengan semakin banyaknya pengguna internet dan smartphone, mendukung pula para pengembang untuk menghadirkan layanan atau aplikasi dengan tujuan berbeda-beda, seperti transportasi, makanan, dan bahkan kesehatan.

Salah satunya adalah perusahaan start-up kesehatan digital asal Singapura, Health2i Pte Ltd, yang baru saja merilis aplikasi Doctor Gratis Plus.

Doctor Gratis Plus merupakan aplikasi yang memungkinkan pengguna melakukan konsultasi medis secara real-time melalui video call dengan dokter dan spesialis yang bersertifikat.

Doctor Gratis Plus menawarkan layanan bagi para pasien yang ingin berkonsultasi lebih dalam mengenai keluhan maupun masalahnya kepada dokter dan spesialis tanpa perlu bertemu langsung.

Aplikasi ini merupakan pengembangan dari aplikasi serupa bernama Doctor Gratis yang sebelumnya telah hadir bagi pengguna Android sejak 2013. Salah satu perbedaan utama Doctor Gratis Plus dengan Doktor Gratis adalah kehadiran fitur video call.

"Doktor Gratis Plus hadir dengan fitur konsultasi tatap muka langsung antara pasien dengan dokter melalui video call," kata Dr Jacques Durand, Pendiri Dokter Gratis dan Direktur Medis dari Health2i, yang ditemui tim Tekno Liputan6.com, Kamis (3/9/2015) di Kantor Microsoft Indonesia, Jakarta.

Durand menambahkan bahwa dalam menggunakan layanan video call melalui Doctor Gratis Plus tidak ada batasan waktu bagi pasien untuk berkonsultasi dengan dokter.

Selain itu, semua konsultasi yang dilakukan akan tersimpan sehingga pasien dapat mengetahui semua konsultasi yang pernah dilakukannya. Dengan demikian, Doctor Gratis Plus dapat menjadi semacam rekam medis mini bagi penggunanya.

Doctor Gratis Plus dapat diunduh untuk para pengguna Android secara gratis dengan minimal versi Android yang kompatibel adalah Android Ice Cream Sandwich 4.0.3 serta versi di atasnya.

Bagi yang ingin menjadi anggota Doctor Gratis Plus dapat berlangganan dengan biaya US$ 9,95 atau sekitar Rp 115 ribu per bulan atau US$ 99 sekitar Rp 1,4 juta per tahun.

Alternatif lain dapat juga dengan meminta kode akses dari perusahaan asuransi yang telah bekerja sama dengan Doctor Gratis Plus atau dengan membayar sesuai dengan layanan yang dibutuhkan.

(dam/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini