Sukses

1 dari 5 Pengguna Android Pakai Lollipop

Data terbaru menunjukkan bahwa 1 dari 5 pengguna Android menggunakan perangkat Android Lollipop.

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda memiliki perangkat Android, coba bandingkan dengan perangkat Android milik empat orang teman Anda. Kemungkinan salah satu di antara Anda dan teman-teman Anda menggunakan Android Lollipop, sistem operasi Android terbaru saat ini.

Dua puluh satu (21) persen dari perangkat Android di pasar, menurut rincian pengembangnya, sudah menggunakan Lollipop. Angka ini naik secara signifikan dari bulan Mei, ketika Android melaporkan hanya sembilan persen dari perangkatnya yang menggunakan Lollipop. 

Adapun bagian terbesar dari Android dikuasai oleh Kit Kat, dengan angka 39 persen, dan diikuti oleh Jelly Bean dengan angka 32 persen. Demikian dikutip dari Engadget, Rabu (09/09/2015).

Seperti diketahui sebelumnya, Google telah mengumumkan update sistem operasi terbaru Android yang menggunakan nama "Marshmallow". Sejauh ini belum ada tanggal rilis resmi sistem operasi mobile ini.

Fokus dari Marshmallow, menurut CEO Google Sundar Pichai, adalah "poles dan kualitas". Pada bulan Juni lalu, versi M Preview telah diketahui dan hasilnya, "Jika M bekerja dengan baik, maka M memang bekerja dengan sangat baik."

Terkait Lollipop, ada beberapa hal yang patut kita catat belakangan ini, yaitu Nexus 9, Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge melantai ke pasar dengan mengusung sistem operasi Lollipop. Selain itu, persentase Android juga mencerminkan "perangkat yang menjalankan aplikasi Google Play Store terbaru, yang kompatibel dengan Android 2.2 dan lebih tinggi". Hal ini berarti bahwa perangkat yang lebih tua, atau perangkat tanpa Google Play, tidak dihitung dalam survei khusus ini.

(why/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini