Sukses

3 Cara Menghapus Kontak Duplikat di Android

Tiga cara ini sangat sederhana, hanya dengan beberapa sentuhan jari tangan di layar ponsel.

Liputan6.com, Jakarta - Kadang-kadang smartphone Android menyimpan kontak yang sama hingga dua atau lebih. Hal ini kebanyakan terjadi ketika kita melakukan factory reset dan melakukan sinkronisasi kontak, atau mengganti kartu SIM dan menyinkronkan semua kontak yang ada.

Menghapus satu per satu kontak duplikat itu secara manual memang dapat menjadi solusi. Namun tentu saja, proses ini akan berjalan lama dan membosankan. Oleh karena itu, diperlukan cara sederhana untuk menghapus kontak duplikat dari smartphone Android hanya dengan beberapa sentuhan jari tangan di layar.  

Dikutip dari Ubergizmo, Senin (21/09/2015), berikut ini tuga cara menghapus kontak duplikat di smartphone Android.

CATATAN:
Back up terlebih dahulu semua kontak Anda sebelum melakukan tutorial ini, untuk mencegah hal-hal yang tidak diduga selama proses tutorial ini dilakukan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Langsung dari Kontak di Telepon

1. Langung dari Kontak di Telepon

Banyak smartphone Android dilengkapi fitur "merge" atau "menggabung" kontak bawaan, meski tidak semuanya. Fitur ini akan memindai semua kontak dan menghapus kontak duplikat dengan nomor dan alamat e-mail yang mirip.

Caranya, akses aplikasi Contacts dan tekan tombol menu. Lalu tekan tombol "Merge accounts" dan selanjutnya tekan "Merge from Google". Kemudian, tekan "OK" dan tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.

Namun perlu diketahui, proses ini menggabungkan akun-akun kontak untuk menghapus kontak duplikat yang dibuat dalam beberapa akun. Karena itu, cara ini mungkin belum bisa mengatasi semua kontak duplikat.

3 dari 4 halaman

Menggunakan Gmail

2. Menggunakan Gmail
Jika Anda biasa melakukan backup data, kemungkinan Anda pun mengaktifkan fitur sinkronisasi kontak dengan Gmail. Fitur ini merupakan fitur bawaan Android yang menyinkronkan semua kontak Anda dengan akun Gmail yang aktif di smartphone Anda.

Apabila diaktifkan, Anda dapat menghapus semua kontak duplikat tanpa menyentuh smartphone Android Anda sekalipun. Caranya, buka akun Gmail Anda di komputer, lalu klik "Contacts". Setelah itu, semua kontak Anda akan ditampilkan.



Lalu klik "More" yang terletak di layar, klik "Find duplicates".



Tunggu beberapa saat sampai Anda melihat kontak duplikat yang ada di smartphone Anda.



Anda dapat menghapus tanda centang pada kontak yang Anda ingin biarkan tersimpan. Jika tidak, klik "Merge" dan tunggu prosesnya selesai.



Cara ini akan berhasil menggabungkan semua kontak di smarpthone Android Anda yang terhubung ke akun Gmail.

4 dari 4 halaman

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Ada banyak sekali aplikasi di Google Play Store yang dapat Anda pilih untuk menghapus kontak duplikat. Di cara ketiga ini, aplikasi yang digunakan adalah Duplicate Contacts. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan juga memiliki reputasi yang baik di Google Play Store, dan yang terpenting, aplikasi ini gratis.

Unduh dan buka aplikasi aplikasi ini. Secara otomatis aplikasi ini memindai dan menampilkan semua kontak duplikat. Setelah pemindaian selesai, Anda dapat menghapus tanda centang pada setiap kontak duplikat. Berikutnya, klik "Delete selected", kemudian klik "Yes" untuk menghapus semua kontak duplikat Anda.

(Why/Dew/Sar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.