Sukses

Aplikasi Pemblokir Iklan Untuk iOS 9 Meroket di App Store

Kurang dari 24 jam setelah rilis iOS 9, aplikasi pemblokir iklan meroket ke posisi puncak di App Store di seluruh dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Kurang dari 24 jam setelah rilis iOS 9, aplikasi pemblokir konten meroket ke posisi puncak di App Store di seluruh dunia.

Aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk memblokir iklan, pelacak, dan script pihak ketiga untuk pertama kalinya, merupakan salah satu fitur baru di iOS 9. Demikian dikutip dari The Verge, Jumat (18/09/2015).

Peace, salah satu aplikasi pemblokir konten, menjadi pilihan paling populer bersama dengan Purify dan Blockr. Aplikasi ini diciptakan oleh mantan CTO Tumblr, Marco Arment, dan menduduki posisi puncak dalam beberapa jam, meskipun aplikasi ini dibanderol US$ 2,99.

Setelah menjadi bahan perdebatan, pemblokiran konten menjadi makin populer dan resmi tersedia di iOS 9. Artinya, Apple memahami apa yang pembaca inginkan dan mencoba untuk memastikan mereka mendapatkannya.

Bagi penghasil konten berbasis web, peningkatan pemblokiran konten tentu merupakan kabar buruk. Namun, itu pasti akan menyebabkan kemunculan beberapa metode kreatif baru dari iklan yang harus pembaca lihat sebagai imbalan untuk konten gratis.

Sebab penghasil konten semacam ini tidak dapat bergantung lagi pada jenis konten gratis yang dibiayai oleh iklan tradisional.

Adapun iklan asli muncul menjadi salah satu jawaban untuk ini. Iklan tersebut tidak memerlukan pelacakan lintas situs, diberi label dengan jelas (dalam banyak kasus), dan masih bisa menghasilkan pendapatan.

Pencapaian ini masih permulaan, sehingga akan menarik untuk melihat apakah aplikasi pemblokir konten terus meningkat dan bagaimana para penghasil konten mulai menanggapinya.

(why/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini