Sukses

Microsoft Gaet Baidu Perluas Windows 10 di Tiongkok

Demi memperluas penetrasi Windows 10 di Tiongkok, Baidu akan menjadi laman utama dan mesin pencari default di peramban Microsoft Edge

Liputan6.com, Jakarta - Kemarin, Microsoft resmi bekerja sama dengan perusahaan teknologi asal Tiongkok, Baidu, untuk mendorong penggunaan Windows 10 di Tiongkok.

Dikutip dari laman The Verge, Kamis (24/9/2015), melalui kerja sama ini nantinya Baidu.com akan menjadi laman utama serta mesin pencari default di peramban Microsoft Edge untuk pengguna di Tiongkok.

Langkah ini diharapkan dapat mempermudah 600 juta pengguna Baidu di Tiongkok untuk memperbarui sistem operasi mereka ke Windows 10. Sekaligus juga memperkenalkan aplikasi Baidu, seperti mesin pencari, video, cloud, serta peta ke Windows 10.

Pelanggan di Tiongkok tinggal menggunakan layanan Baidu "Windows 10 Express" saat melakukan pembaruan ke Windows 10. Meskipun saat ini Microsoft telah memiliki 10 juta pengguna Windows 10 di Tiongkok, langkah ini dapat menekan penggunaan sistem operasi Microsoft bajakan yang marak di sana.

Tak hanya itu, kerja sama ini diharapkan juga semakin mendorong penggunaan Microsoft Edge di Tiongkok, meskipun tidak menjadikan Bing sebagai mesin pencarian utama.

"Kami masih terus berkomitmen memperluas penggunaan Bing di seluruh dunia sekaligus berkomitmen untuk memberikan kesempatan bagi pengembang lokal yang menghadirkan pengalaman yang sama, seperti Baidu di Tiongkok, untuk menghadirkan pengalaman Windows 10 lebih baik," ungkap Microsot lewat laman resminya.

Langkah ini bukan kali pertama Microsoft bekerja sama dengan perusahaan teknologi asal Tiongkok. Sebelumnya, Microsoft telah sempat menjalin kerja sama dengan Tencent, Qihoo 360, Lenovo, bahkan pabrikan smartphone yang sedang naik daun, Xiaomi.

(dam/cas)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini