Sukses

YouTube Bebas Iklan Meluncur Bulan Depan?

YouTube bebas iklan ini akan mencakup YouTube Music Key, meskipun diketahui dapat berganti merek menjadi YouTube Red.

Liputan6.com, Jakarta - Adakah yang merasa terganggu dengan iklan di video di YouTube? Meski hanya belasan detik hingga satu atau dua menit, pasti ada saja yang menganggap iklan di video tersebut sebagai sebuah gangguan.

Sebelumnya, kita telah mendengar untuk sementara waktu ini bahwa YouTube bebas iklan akan hadir dalam waktu dekat. Untuk waktu paling panjang sejak permulaannya, YouTube digunakan secara gratis, tentu dengan iklan yang dimainkan sebelum video utamanya tampil. Hal ini menjadi salah satu cara yang dipilih YouTube dan para pencipta konten untuk menguangkan kreasi mereka.

Lantas, kapankah YouTube bebas iklan ini bisa dinikmati? Berdasarkan e-mail yang dikirim dari YouTube kepada para pemilik konten, seperti dikutip dari Ubergizmo, Senin (28/9/2015), YouTube versi bebas iklan ini kemungkinan diluncurkan pada akhir Oktober mendatang.

E-mail ini memberi tahu kepada para pemilik konten bahwa mereka harus menyetujui ketentuan baru YouTube pada tanggal 22 Oktober. Jika tidak, video mereka tidak akan lagi tersedia bagi publik. Karena itu, ada kemungkinan juga bahwa layanan ini akan diluncurkan sekitar tanggal tersebut.

Adapun pemasangan tarif layanan belum ditentukan, tapi menurut kabar yang beredar, YouTube sedang memikirkan tarif berlangganan senilai US$ 10 per bulan. Selain itu, diduga bahwa YouTube bebas iklan ini juga akan mencakup YouTube Music Key, meskipun diketahui pula bahwa YouTube Music Key dapat berganti merek menjadi YouTube Red.

Namun, ada juga kemungkinan bahwa YouTube Red bisa menjadi nama bagi layanan YouTube bebas iklan. Tapi karena belum ada pengumuman resmi, kita hanya bisa menunggu dan melihat.

Sementara itu, Google menjadwalkan sebuah acara yang direncanakan pada tanggal 29 September 2015, dimana mungkin handset Nexus baru akan diluncurkan. Tapi siapa tahu, kita pun bisa mendengar beberapa update tentang YouTube.

(why/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.