Sukses

[REVIEW] Axioo Picophone M4P: Lollipop Murah Berkamera Oke

Pasar smartphone berbasis Android kedatangan pendatang baru dengan harga satu jutaan rupiah: Axioo Picophone M4P. Bagaimana performanya?

Liputan6.com, Jakarta - Pasar smartphone berbasis Android Indonesia kedatangan satu pendatang baru dari pemain lokal, Axioo. Mengusung nama Picophone M4P, Axioo mengadu peruntungannya dengan smartphone berbasis Android Lollipop yang ditopang oleh prosesor quad core, RAM 2GB, dan ROM 16 GB. Di kisaran harga Rp 1 jutaan Picophone M4P, akan bertarung di segmen menengah ke bawah.  

Untuk mengetahui performanya, Tekno Liputan6.com melakukan serangkaian pengujian. Simak ulasannya berikut ini.

PAKET KELENGKAPAN
Handset
Charger
Kabel data
Headset
Kartu garansi
Buku panduan
Memori eksternal 16GB

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

DESAIN DAN ANTARMUKA PENGGUNA


DESAIN DAN ANTARMUKA PENGGUNA
Axioo Picophone M4P mengadopsi desain membulat di keempat sisinya. Tujuannya, tidak lain agar lebih nyaman saat digenggam.


Bodi Axioo Picophone M4P tampak depan




Bodi Axioo Picophone M4P dari berbagai sudut


Selanjutnya, walau tutup casing belakang dibuat bertekstur, smartphone berdimensi 14 6 x 74 x 8,7 milimeter dengan bobot 156 gram ini masih terasa licin di tangan. Adapun tombol volume terletak di sebelah kiri, tombol power di sebelah kanan, serta soket audio dan soket micro-USB kompak bersanding di bagian atas.


Bodi Axioo Picophone M4P dari berbagai sudut


Di bagian layar, Axioo Picophone M4P dibekali teknologi layar sentuh definisi tinggi berjenis IPS, dengan dua titik sentuh kapasitif. Mengusung resolusi 1280x720 piksel dan diagonal 5 inci, layar Picophone M4P sudah dapat memberikan kesan yang cukup apik.


Bodi Axioo M4P tampak depan


Berjalan di sistem operasi dengan nomor versi 5.1, Picophone M4P secara default mempunyai 7 wallpapers khas Lollipop yang ditambahi embel-embel 'Axioo' dan 5 live wallpapers.


Screenshot Wallpaper dan Widgets Axioo Picophone M4P

3 dari 5 halaman

KAMERA DAN MULTIMEDIA

KAMERA DAN MULTIMEDIA
Picophone M4P dilengkapi kamera belakang dan kamera depan dengan resolusi masing-masing 8 Megapiksel (MP) dan 5 MP. Untuk kamera belakang, fitur fokus otomatis (auto focus) dan flash turut disematkan agar hasil bidikan yang didapat lebih maksimal. Hasil bidikannya disajikan dalam file berekstensi JPGdengan rasio 4:3.



Hasil bidikan kamera Axioo Picophone M4P


Bagi Anda yang menyukai video, kamera belakang Picophone M4P sudah mampu merekam video berdefinisi tinggi dengan resolusi 1080 piksel, dan kamera depannya dapat merekam video berdefinisi standar dengan resolusi 480 piksel.

Selain itu, dan merupakan yang paling istimewa dari kamera Axioo Picophone M4P menurut Tekno Liputan6.com, kamera Picophone M4P dilengkapi dengan fitur lens blur bawaan tanpa perlu memasang aplikasi pihak ketiga. Fitur lens blur ini dapat ditemukan dengan swipe layar tepat dari ujung kiri layar ke arah kanan.



Ketika fitur lens blur aktif, Anda harus melakukan tap pada objek utama dantombol capture, dan selanjutnya akan muncul perintah untuk menggerakkan ponsel ke atas secara perlahan-lahan. Jika proses pergerakan terlalu cepat, hasil foto yang diharapkan tidak akan muncul. Berikut perbedaan antara hasil bidikan kamera normal dan lens blur dari Axioo M4P.





Perbandingan kamera biasa lens blur di Axioo Picophone M4P


Adapun format video yang didukung adalah AVI (H.264, DIVX, XVID, rm, rmvb,  MKV, WMV, MOV, MP4, MPEG, MPG, FLV, max 1080P), sedangkan decoder audionya adalah MP3, MIDI, AAC, AAC+, eAAC+, WMA, PCM, OGG.

4 dari 5 halaman

HARDWARE

HARDWARE
Tugas menjadi dapur pacu Axioo Picophone MP4 dipercayakan pada prosesor ARM Cortex A7 empat inti (quad-core), dengan frekuensi 1,3 Gigahertz (GHz), yang diklaim sebagai prosesor multi-core 32-bit yang efisien dalam hal daya. Prosesor tersebut dipadukan dengan RAM sebesar 2 GB.

Kemudian, setelah diuji dengan AnTuTu Benchmark, skor yang didapat adalah 19277. Sebagai pembanding, skor ini terpaut sedikit dari salah satu kompetitornya, Andromax R, yang bermain di segmen yang sama dengan skor 19705.





Screenshot Antutu Benchmark


Sementara ketika diuji dengan salah satu tes dari 3D Mark, yaitu Ice Storm Extreme, skor yang diperoleh adalah 1829. Ice Storm Extreme merupakan alat tes yang menaikkan resolusi rendering dari 720 piksel ke 1080 piksel dan menggunakan kualitas tekstur serta efek pascapengolahan yang tinggi dalam tes grafis.

Sayangnya, usai pengujian dilakukan, hasilnya tidak dapat dibandingkan dengan perangkat lainnya yang telah menjalani pengujian serupa. Namun menurut pengamatan Tekno Liputan6.com selama pengujian berlangsung, Axioo Picophone M4P memperlihatkan performa yang tidak mengecewakan.




Screenshot 3D Mark


JARINGAN DAN NIRKABEL
Seperti kebanyakan ponsel yang beredar di pasaran saat ini, Picophone MP4 mempunyai dua slot SIM card. Sayangnya, Picophone MP4 belum mendukung teknologi seluler terkini di Indonesia, 4G LTE. Pengguna harus puas dengan kecepatan yang mentok di jaringan HSDPA saja. Untungnya, kehadiran Wi-Fi 802.11 b/g/n dapat menjadi alternatif dari jaringan HSDPA, yang dapat digunakan untuk mengakses internet.


Bodi Axioo Picophone M4P tampak belakang setelah tutup casing belakang dilepas

5 dari 5 halaman

KESIMPULAN

KESIMPULAN
Melalui serangkaian pengujian yang telah dilakukan, Tekno Liputan6.com menyimpulkan bahwa Axioo Picophone M4P punya keunggulan di sektor kamera berkat kehadiran fitur lens blur bawaannya.

Sementara di sektor hardware, seperti prosesor quad core, RAM dan ruang penyimpanan internal masing-masing sebesar 2 GB dan 16 GB, tidaklah terlalu istimewa, mengingat kompetitornya pun menawarkan spesifikasi dapur pacu yang kurang lebih sama.

Dengan banderol Rp 1.500.00,- Axioo Picophone M4P akan berkompetisi antara lain dengan Smartfren Andromax R dan Lenovo A6000, yang selisih harganya tidak terlalu jauh dan sudah mengusung teknologi 4G LTE. Kendati demikian, pilihan tetap ada di tangan Anda.


SPESIFIKASI LENGKAP
Operating System

Android OS 5.1 Lollipop

Processor/Chipset
Spreadtrum SC7731, Quad Core 1.3GHz CortexTM-A7

General
GSM: 900/1800MHz
WCDMA: 2100 MHz

Size
Dimension: 146mm (L) x 74mm (W) x 8.7mm (H)
Weight: 156g

Display
Size/Type 5.0”, 1280 x 720 Pixels
HD IPS, 2 point capacitive touch

Sound
Speaker: Built-in microphone and loudspeaker
3.5mm audio jack for stereo headset interface
Decoder: MP3, MIDI, AAC, AAC+, eAAC+, WMA, PCM, OGG

Storage
Internal: 16GB
Slot: MicroSD up to 32GB

Memory
Internal: 2GB

Data
GPRS: Class 12
EDGE: Class 12
3G: HSDPA Up to 21 Mbps
WLAN: Wi-Fi 802.11 b/g/n
Bluetooth: Yes, Ver 2.1
USB: Yes, USB 2.0 High-Speed client, micro-USB connector with data sync, power charging features, mini 5 pin

Camera
Primary: 8.0 MP with AF
Video: Video playback : 3GP, AVI, H.263, H.264 AVC, MPEG-4
Secondary: 5.0 MP

Feature
Messaging: SMS (threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM, RSS
Browser: HTML Support Adobe Flash
Sensor: Yes, Light sensor, G-sensor & Proximity sensor
Games: Yes
GPS: Yes, GPS support
Video Support: AVI (H.264, DIVX, XVID, rm, rmvb,  MKV, WMV, MOV, MP4, MPEG, MPG, FLV, max 1080P).

Software
Phone Dialer, Android KitKat/Lollipop home screen, Live Wallpaper, Launcher, Contacts, Call Control, Emergency Call, Voice Dialer, Alarm Clock, Calendar, Calculator, Web Browser, FM Radio, Camera, Gallery, Music Player, Video Player, Play Store, Messaging, Maps, Email, Bluetooth, WiFi, support portable WiFi hotspot, Settings

Battery
Capacity: 2000mAh (Lithium)/3.7V
Work Time: 4-5 Hours
Standby Time: 350 Hours

Available Color
Gold and Blue

(why/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini