Sukses

Irit Biaya, Reporter Dibekali iPhone 6 untuk Liputan

Demi menghemat biaya produksi, stasiun televisi di Swiss ini mengganti kamera video profesionalnya dengan iPhone 6 untuk siaran liputan.

Liputan6.com, Jakarta - Teknologi kamera di perangkat mobile yang terus berkembang mendorong banyak orang untuk menjadikan smartphone sebagai salah satu pilihan untuk mengambil gambar atau video, menggantikan perangkat profesional lainnya.

Seperti yang dilakukan oleh stasiun televisi asal Swiss, Leman Bleu, yang memilih membekali reporter mereka dengan iPhone ketimbang menggunakan perangkat profesional untuk melaporkan langsung liputan mereka.

Menurut informasi yang dilansir laman Ubergizmo, para reporter Leman Bleu sekarang menggunakan tongkat selfie untuk merekam liputan mereka dengan iPhone 6, sedangkan tangan lainnya memegang mic. 

Leman Blue menyebutkan bahwa alasan penggantian perangkat ini adalah untuk menekan biaya agar lebih hemat dibanding dengan kamera tradisional. Ditambah lagi, keberadaan aplikasi seperti LIVE+ membuat mereka tak memerlukan lagi truk satelit mahal untuk meliput laporan langsung. 

"Langkah ini bukan hanya perkara perangkat yang lebih ringan dan responsif, namun juga sebagai salah satu cara untuk mengurangi biaya produksi sebuah tayangan berita," ungkap Laurent Keller, News Director Leman Blue.

Keller juga mengungkapkan bahwa pengurangan biaya merupakan hal penting, terutama bagi stasiun televisi lokal yang hanya memiliki sedikit waktu dalam penyiaran berita tiap harinya.

"Ditambah kualitas dari iPhone tidak kalah dengan hasil dari kamera TV standar," tambah Keller.

Langkah yang dilakukan Leman Blue ini juga bukan kali pertama dilakukan. Sebelumnya, juga ada Chicago Sun-Times yang mengistirahatkan semua staf fotografinya dan memilih untuk melatih reporternya menggunakan iPhone.

(Dam/Dew)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini