Sukses

Duo Nexus 5X dan 6P Resmi Meluncur, Ini Spesifikasinya

Smartphone Google Nexus 5X dan 6P resmi diperkenalkan di San Francisco, berikut spesifikasinya.

Liputan6.com, San Francisco - Dua seri smartphone flagship terbaru Google -- Nexus 5X dan 6P -- akhirnya resmi diperkenalkan tadi malam, Selasa (29/9/2015). Ini memang pertama kalinya Google menghadirkan seri Nexus dalam dua seri. Masing-masing seri Nexus tersebut diproduksi oleh dua vendor yang selama ini menjadi mitra Google, yaitu LG dan Huawei.

Bertempat di San Francisco, Google menghelat acara perilisan duo Nexus terbarunya tersebut. Kedua seri Nexus ini memiliki spesifikasi yang cukup diperhitungkan dengan smartphone pesaing lain di kelasnya.

Mengutip informasi dari CNET, Rabu (30/9/2015), baik Nexus 5X dan 6P memiliki fitur sensor pemindai jari (fingerprint) yang terletak di bagian belakang cover smartphone. Fitur fingerprint ini disebut Google sebagai "Nexus Imprint" dan dapat berfungsi sebagai alat pembayaran untuk Android Pay, yang mana digadang-gadang bakal menjadi pesaing Apple Pay.

Kedua seri Nexus ini juga memiliki kamera yang telah ter-upgrade dengan resolusi sebesar 12.3 Megapiksel (MP) dengan fitur improvisasi untuk pengambilan foto indoor, merekam video super-high-resolution 4K, dan bisa menciptakan foto GIF, serupa dengan fitur Live Photos yang baru-baru ini hadir di iPhone 6s. Untuk kamera depan, Nexus 5X memiliki resolusi 5 MP, sementara Nexus 6P beresolusi 8 MP.

Nexus 6P dan 5X (CNET)
Baik dari seri 5X dan 6P memiliki prosesor 64-bit Qualcomm, dengan input USB Type-C. Kedua seri smartphone ini juga memiliki layanan wireless Google Projecy Fi, yang menggabungkan koneksi Wi-Fi dan seluler untuk layanan multiple carriers sehingga memastikan ponsel intar ini memiliki koneksi data yang stabil.

Nexus 5X sejatinya diungkap Google merupakan penerus dari Nexus 5, sehingga dari segi ukuran tidak ada yang berbeda dengan seri pendahulunya. Begitupun dengan seri 6P yang merupakan 'reinkarnasi' dari Nexus 6, namun hadir dengan segudang peningkatan yang `wah`.

Sementara, Nexus 6P memiliki layar selebar 5,7 inci, hampir sama dengan iPhone 6S Plus yang memiliki layar 5,5 inci. Meski demikian, Nexus 6P jauh unggul dalam hal itu, di mana resolusinya sebesar 2560×1440 piksel, dibanding 6S Plus yang hanya 1920×1080 piksel.

Keunggulan Nexus 6P lainnya dibanding iPhone 6s Plus adalah baterai dengan daya 3.450 mAh. Nexus 6P dengan mudahnya mengalahkan 6s Plus yang hanya berdaya 2.915 mAh. Meski tidak ada pengujian baterai sebagai perbandingan, daya baterai Nexus 6P sebesar itu akan membuatnya bertahan lebih lama.

Kedua smartphone ini untuk sementara telah tersedia secara preorder di Google Store Amerika Serikat, Inggris, Irlandia, dan Jepang. Nexus 5X akan dibanderol US$ 379 atau sekitar Rp 5 jutaan, sementara Nexus 6P akan dibanderol US$ 499 atau sekitar Rp 7 jutaan.

(Jek/Dew)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini