Sukses

Terungkap! Ada Samsung di `Tubuh` iPhone 6S

Prosesor anyar A9 yang diadopsi iPhone 6S dan iPhone 6S Plus adalah besutan Samsung.

Liputan6.com, Jakarta - Apple dan Samsung sejatinya adalah rival sejati di pasar perangkat mobile. Keduanya kerap berebut hak paten dan saling tuduh siapa meniru siapa. Persengketaan keduannya bahkan hampir selalu harus diselesaikan di meja hijau.

Namun begitu, hasil pemindaian sinar X yang dilakukan pada komponen smartphone andalan terbaru Apple, iPhone 6S, menunjukkan adanya campur tangan Samsung.

Ya, ternyata menurut yang dilaporkan laman Phone Arena, Rabu (30/9/2015), prosesor anyar A9 yang diadopsi iPhone 6S dan iPhone 6S Plus adalah besutan Samsung.

Samsung memang bukan satu-satunya vendor yang memproduksi prosesor A9, produsen prosesor asal Taiwan, TSMC, diinformasikan juga menjadi salah satu pembesut A9.

Akan tetapi, prosesor A9 produksi Samsung diakui lebih canggih dibandingkan milik TSMC. Sebab, prosesor A9 dari Samsung telah mengusung arsitektur 14nm (nanometer), sementara prosesor A9 TSMC masih 16nm.

Patut dipahami, semakin kecil ukuran arsitektur prosesor yang digunakan, maka semakin baik pula performa dan efisiensi konsumsi baterainya.

Tak hanya di iPhone 6S dan 6S Plus, kabar lain menyebutkan bahwa ternyata Samsung juga merupakan produsen prosesor A9X yang digunakan di tablet iPad Pro.

(dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini