Sukses

NASA Pernah Bawa Astronot ke Mars Tahun 1973 Silam?

Terungkap, NASA pernah menjalankan misi ekspedisi ke Planet Mars pada 1973 silam. Apakah memang benar?

Liputan6.com, California - Rencana The National Aeronautics and Space Administration (NASA) untuk membawa para astronotnya ke Planet Mars semakin mantap. Terlebih, setelah badan antariksa Amerika Serikat itu menemukan kandungan air di Planet Merah beberapa hari yang lalu, yang mana meyakinkan mereka bahwa Mars memang berpotensi untuk mendukung kehidupan manusia.

NASA juga memperkirakan dalam satu dekade ke depan, mereka bisa memboyong para astronot untuk menjelajahi Planet tersebut. Jika memang benar rencana NASA bisa terwujud, ini tentunya akan menjadi yang pertama mencetak sejarah manusia bisa menginjakkan kaki di Mars untuk pertama kali.

Terlepas dari rencana NASA menginisiasi misi pertamanya ke Mars, rupanya baru-baru ini terdapat sebuah bocoran rekaman video yang memperlihatkan NASA ISV Colombus sempat merencanakan misi ekspedisi ke Mars. Misi tersebut tidak dipersiapkan tahun lalu, atau beberapa tahun terakhir. Yang mengejutkan adalah, misi tersebut dilakukan pada tahun 1973 silam.

Menurut informasi yang dilansir laman Techeblog, Jumat (2/10/2015), video tersebut bocor di jejaring sosial YouTube lewat channel milik akun bernama Dan Flynn dengan judul `'Life on Mars - ISV Columbus'.

Video berdurasi 3 menitan itu memperlihatkan cuplikan misi eksplorasi Project RedSun di tahun 1973 dengan menggunakan pesawat ISV Colombus. Dari video ini, tampak permukaan Planet Mars dari orbit yang begitu dekat, yang dikemas dalam cuplikan dokumenter.

Bocoran video tersebut memang memperlihatkan usaha NASA mengemban persiapan perjalanan luar angkasa menuju Mars. Seperti yang sudah diketahui, selama puluhan tahun terakhir, badan antariksa asal Amerika Serikat itu memang `mati-matian` mengembangkan teknologi yang memungkinkan manusia dapat menginjakkan kaki di planet yang memiliki bulan Phobos dan Deimos tersebut.

Menurut rumor yang beredar, video ini merupakan top secret document milik NASA yang tidak boleh diketahui oleh publik. Informasi lainnya mengungkap, video yang digunakan oleh NASA dan Angkatan Udara AS itu melibatkan kru Komandan Elliot See, Pilot William.B.Rutledge dan Vladimir Ilyushin.

Meski video tersebut tampak begitu nyata dengan keberadaan awak pesawat dan pesawat luar angkasa ISV Colombus yang mencapai orbit terdekat di Mars, banyak yang meragukan kebenaran video tersebut.

Sebelumnya pada 2012, sebuah situs bernama Apparentlyapparel mempertanyakan bahwa video tersebut bisa saja sebuah rekayasa. Ini bukan pertama kalinya rumor manusia mendekati Mars beredar di jagat maya, sebelumnya Edwin E. Buzz Aldrin juga dikabarkan sempat menginjakkan kakinya di permukaan Mars pada 1970.



(jek/dew)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini