Sukses

Pentingnya India bagi Bos Facebook Mark Zuckerberg

Sama seperti salah satu pendiri Apple, Steve Jobs, India ternyata juga memainkan peran penting dalam hidup Mark Zuckerberg.

Liputan6.com, Jakarta - Sama seperti salah satu pendiri Apple, Steve Jobs, India ternyata juga memainkan peran penting dalam hidup Mark Zuckerberg. Pendiri Facebook itu mengungkapkan, Jobs dan India memiliki peran penting dalam perkembangan Facebook.

Zuckerberg menuangkan kenangannya dengan Jobs dan India dalam acara Townhall Q&A di kantor pusat Facebook, yang juga dihadiri oleh Perdana Menteri India, Narendra Modi. Ia memutuskan melakukan perjalanan ke India, ketika Facebook tengah limbung, termasuk dengan banyaknya pihak yang ingin membeli perusahaan tersebut dan sempat berpikir untuk menjualnya.

Saat itulah, Zuck --sapaan akrab Zuckerberg-- akhirnya memutuskan menemui Jobs. Mantan CEO Apple itu menyarankan Zuckerberg mengunjungi sebuah kuil di India, yang dulu dikunjunginya pada awal evolusi Apple. Di sana, kata Zuckerberg, Jobs berpikir tentang visi masa depan yang diinginkannya.

"Saya menemui Jobs dan dia mengatakan bahwa untuk terhubung kembali dengan misi perusahaan yang saya yakini, saya harus pergi ke sebuah kuil di India seperti dirinya," tutur Zuckerberg, seperti dilaporkan Business Insider, Jumat (2/10/2015).

Lalu Zuckerberg pun terbang ke India dan mengunjungi kuil yang dimaksud, serta menghabiskan waktu selama sebulan berkeliling di negara tersebut. Di sana, cara orang-orang berinteraksi membuatnya merasa bahwa dunia akan menjadi lebih baik jika semuanya memiliki kemampuan kuat untuk dapat terhubung.

"Hal itu memperkuat saya mengenai pentingnya sesuatu yang kami lakukan dan itu adalah sesuatu yang akan selalu saya ingat," jelasnya.

Setelah perjalanan penting ke India hingga sekarang, Facebook seperti yang kita ketahui semakin menguatkan posisinya di bisnis internet. Perusahaan itu juga berhasil menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia.

"India sangat penting bagi sejarah perusahaan kami," kata suami dari Priscilla Chan tersebut.

Adapun kunjungan Perdana Menteri India Narendra Modi ke kantor pusat Facebook bukan sekadar mendengarkan kisah Zuckerberg. Setelah Zuckerberg selesai bercerita, dia dan Modi mendiskusikan berbagai hal, termasuk pentingnya media sosial di era demokrasi, infrastruktur teknologi yang lebih baik, dan pentingnya memberikan akses internet untuk semua warga India.

Seperti diketahui, Zuckerberg secara personal dikenal sangat vokal mengenai ambisinya agar semua orang bisa mendapatkan akses internet.

(Din/Dew)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.