Sukses

5 Program Alternatif Gratis Pengganti Microsoft Office

Daripada memasang Microsoft Office dengan crack, keygen atau cara ilegal lainnya, 5 program alternatif gratis ini patut dipertimbangkan.

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft boleh jadi dikenal luas karena salah satu programnya yang banyak digunakan, yaitu Microsoft Office. Namun, seperti diketahui, Microsoft Office merupakan perangkat lunak berbayar. Karena itu, tak jarang sebagian di antara kita memilih untuk memasang Microsoft Office di komputer atau laptopnya secara ilegal, dengan menggunakan crack atau key generator (keygen) misalnya.Sebenarnya masih ada program alternatif selain Microsoft Office, yang menawarkan kinerja yang serupa dengan Microsoft Office. Tanpa basa-basi lagi, berikut ini 5 program alternatif gratis pengganti Microsoft Office, yang Tekno Liputan6.com himpun dari Tech Radar, Kamis (8/10/2015).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Google Docs

1. Google DocsKetika ditanya, program apakah yang mendukung semua fungsi dasar Microsoft Office, maka jawabannya adalah Google Docs. Program besutan raksasa internet dunia ini terdiri dari tiga macam, yaitu Docs, Sheets, dan Slides. Ketiganya dapat menggantikan Word, Excel, dan PowerPoint di Microsoft Office. Karena Google Docs merupakan produk Google, maka Anda harus mempunyai akun Google untuk bisa mengaksesnya. Menariknya, semua pekerjaan di Google Docs, dapat disimpan di Google Drive. Melihat tampilan antarmukanya, Google Docs terbilang mirip dengan Microsoft Office. Oleh sebab itu, tidak salah jika Google Docs bertengger di urutan pertama program alternatif gratis pengganti Microsof Office, kecuali jika Anda tidak suka bekerja di program yang berbasis peramban (browser) ini.

3 dari 6 halaman

LibreOffice

2. LibreOfficeSelanjutnya LibreOffice menduduki posisi kedua sebagai program alternatif gratis pengganti Microsoft Office. Berbeda dengan Google Docs, LibreOffice merupakan program yang dipasang di komputer atau laptop, sehingga tidak perlu diakses melalui peramban. Dengan fitur-fitur yang dimilikinya, LibreOffice dapat memainkan peran sebagai program default untuk semua dokumen Office, spreadsheet dan presentasi, serta memiliki berbagai peralatan lain yang membuatnya lebih dari sekadar 'program alternatif' biasa. Ketika Anda membuka dokumen baru, spreadsheet, atau presentasi, Anda akan menyadari bahwa LibreOffice sangat mirip dengan versi 'jadul' Microsoft Office. Kabar baiknya, selain berfungsi seperti Microsoft Office, LibreOffice juga memiliki fitur menggambar yang sudah tertanam (built-in), bagian rumus matematika, dan basis data yang melengkapi fitur-fitur utama. Bahkan ada sejumlah pengembang yang telah menciptakan sejumlah ekstensi untuk LibreOffice seperti halnya yang dimiliki Microsoft Office.

4 dari 6 halaman

OpenOffice

3. OpenOfficeOpenOffice bisa dibilang versi ringan dari LibreOffice yang telah dipangkas sebagian fiturnya. Kendati demikian, program alternatif ini masih sangat layak dipertimbangkan sebagai pengganti Microsoft Office.Jika diperhatikan dengan saksama, OpenOffice merupakan versi yang sedikit berbeda dari LibreOffice. Faktanya, kedua program alternatif tersebut lahir dari proyek yang sama. Karena itu, satu-satunya perbedaan yang nyata adalah sidebar yang berisi banyak pilihan format yang berbeda. Di LibreOffice, sidebar tersebut harus diaktifkan secara manual. Adapun fitur OpenOffice yang benar-benar dipangkas dari LibreOffice adalah peralatan untuk menyematkan kata (word embedding tool). Terlepas dari hal-hal kecil ini, kedua program ini sangat mirip, dan apakah Anda memilih LibreOffice atau OpenOffice, keduanya menawarkan cara mudah untuk membuat, membuka, mengedit dan menyimpan dokumen Office pada komputer Anda tanpa biaya sepeser pun.

5 dari 6 halaman

Atlantis Word Processor

4. Atlantis Word ProcessorProgram alternatif Microsoft Office selanjutnya adalah Atlantis Word Processor. Dari segi tampilan, Atlantis Word Processor merupakan salinan utuh dari versi Microsoft Word 'jadul'. Perlu dicatat, Atlantis Word Processor merupakan program pengolah kata saja, bukan paket program Office seperti ketiga program sebelumnya. Sebagai program pengolah kata, Atlantis Word Processor mengelola semua format dengan sangat baik, dan caranya mengatur dokumen-dokumen baru ke tab di bagian bawah program, merupakan cara yang bagus untuk menghemat ruang. Selain itu, ada juga fitur power type, yang bekerja seperti predictive text dan menebak kata berikutnya, sebelum kata itu diketik.

6 dari 6 halaman

WPS Office

5. WPS OfficeMenempati posisi kelima, WPS Office 2014 hadir dengan tampilan paling modern dari semua program alternatif pengganti Microsoft Office.Tampak mirip seperti versi Office yang lebih baru, WPS Office terbagi menjadi tiga program yang berbeda, yaitu writer, presentation, dan spreadsheet. Ketiganya dapat menggantikan peran Word, PowerPoint, dan Excel. Di WPS Office 2014, integrasi online menjadi fitur penting dan selain itu, ada juga berbagai template, yang memudahkan pekerjaan untuk membuat hampir semua jenis dokumen. Dokumen yang disetel ke dalam beberapa tab sangat memudahkan pengelolaan dokumen dan setiap kali membuka dokumen baru, dokumen tersebut ditempatkan di samping dokumen-dokumen sebelumnya dan hanya akan menghilang, setelah telah disimpan atau ditutup. (why/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini