Sukses

Dell Berniat Akuisisi Perusahaan Cloud

Saat ini nilai kapitalisasi pasar EMC tercatat mencapai US$ 50 miliar.

Liputan6.com, Jakarta - Vendor personal computer (PC) terbesar ketiga di dunia, Dell Inc, berminat untuk mengakuisisi EMC yang merupakan vendor solusi komputasi awan (cloud computing). 

Menurut laporan Reuters, seperti dikutip dari CNBC, Sabtu (10/10/2015), Dell sepertinya serius terhadap rencana ini. Sebab Dell diketahui tengah menjajaki pinjaman bank demi mengakuisisi EMC. Sayangnya, kesepakatan negosiasi belum diketahui pasti. 

Saat ini nilai kapitalisasi pasar EMC tercatat mencapai US$ 50 miliar pada penutupan perdagangan saham Rabu (7/10/2015) lalu.  Jika kesepakatan itu terjadi, ini akan menjadi akuisisi perusahaan teknologi terbesar. Bahkan ini melebihi penawaran akuisisi manufaktur chip Avaro Technologies sebesar US$ 37 miliar oleh Broadcom.

Selain Dell, rivalnya Hewlett Packard (HP) juga dikabarkan tertarik untuk mencaplok EMC. Perlu diketahui, Dell tak lagi menjadi perusahaan terbuka, atau telah menjadi perusahaan tertutup sejak 2013 silam. 

Sementara menurut Wall Street Journal, EMC telah mulai mengkaji kembali strategi bisnisnya sejak tahun lalu. Saat itu, EMC sedang dalam tekanan oleh Elliott Management yang juga meminta EMC untuk melakukan pemisahan perusahaan (spin-off) VMWare, anak usaha EMC di bisnis software.

(cas/dhi)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.