Sukses

Cai Lan Gong, Film Horor yang Diproduksi Pakai Kamera Smartphone

Pembuatan film dengan kamera smartphone merupakan salah satu cara untuk menginspirasi anak-anak muda Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan teknologi smartphone yang semakin canggih mendorong beberapa anak muda yang dimotori oleh Derryl Imanalie untuk memproduksi film dengan cara berbeda. Salah satunya ia memilih menggunakan kamera smartphone, bukan kamera konvesional biasa.

"Salah satu alasan kami menggunakan smartphone karena penggunaannya lebih universal dan ini dapat dikatakan merupakan sebuah revolusi dalam pembuatan film," ungkap Derryl Imanalie, Co-Producer film Cai Lang Gong sekaligus penggagas ide pembuatan film dengan smartphone ketika ditemui di acara pengumuman dukungan Samsung untuk film 'Cai Lan Gong', Kamis (15/10/2015).

Disinggung mengenai perbedaan menggunakan kamera konvensional dengan kamera smartphone, David Poernomo selaku Produser sekaligus sutradara film ini mengungkapkan bahwa tidak ada persoalan yang begitu berbeda.

"Meskipun awalnya sempat ragu, setelah dilakukan produksi pada hari pertama ternyata tidak ada masalah yang khusus. Sebelum produksi, kami juga sudah berulang kali melakukan test cam untuk memastikan," ujar David.

Adapun alat perekam yang digunakan untuk membuat film ini adalah kamera dari smartphone Samsung Galaxy Note 4 dan Galaxy Note 5, yang masing-masing beresolusi 16 megapiksel (MP).  

"Produksi film ini juga tidak berbeda jauh dengan produksi film pada umumnya, tetap dilakukan secara profesional mulai dari produksi sampai perlengkapannya," kata Yuniarto Wibowo, Director of Photography Film 'Cai Lan Gong'.

Sementara itu Derryl mengakui, selain menawarkan cara baru dalam produksi sebuah film, langkah ini juga salah satu cara untuk menginspirasi anak-anak muda Indonesia.

"Cara ini bukanlah sebuah masa depan, tapi model untuk masa depan. Dengan begitu, nantinya banyak anak muda yang terinspirasi dan dapat membuat kontennya sendiri," tutup Derryl.

'Cai Lan Gong' merupakan film bergenre horor yang berlatar belakang di China dan mengisahkan tentang seorang perempuan yang harus menerima ilmu Cai Lan Gong dari kakeknya.

Cai Lan Gong sendiri dikatakan sebagai asal usul Jelangkung yang ada di Indonesia. Film ini akan tayang perdana pada 22 Oktober 2015 di jaringan bioskop 21.

(Dam/Isk)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini