Sukses

10 Orang Ini Kaya Raya Berkat YouTube

Berikut ini kami rangkum 10 artis YouTube terkaya versi majalah Forbes, dengan kekayaan mulai dari Rp 33,3 miliar sampai Rp 163 miliar.

Liputan6.com, Jakarta - Sejak pertama kali diluncurkan pada 2005 lalu, YouTube telah mengalami banyak perubahan. Situs berbagi video populer ini menjadi enter point bagi generasi berikutnya para artis internet.

Bukan rahasia bahwa para artis YouTube populer menggunakan video yang disponsori dan iklan untuk meraih pendapatan di platform ini, di samping hanya sekadar membuat nama mereka populer.

Tapi, siapakah artis YouTube yang dibayar paling mahal? Terkait hal ini, Forbes baru saja merilis sebuah publikasi. Publikasi ini berdasarkan pada peringkat perkiraan kasar, penghasilan sebelum pajak yang diolah dari data dari Nielsen, IMDB, dan sumber-sumber lainnya, serta wawancara dengan para agen, manajer, pengacara, orang di industri ini, dan sang artis YouTube itu sendiri.

Menurut Forbes, seperti dikutip dari Business Insider, sebagian besar artis YouTube terkaya di daftar ini mendapatkan keuntung melalui iklan, preview, dan video yang disponsori. Beberapa orang di daftar ini juga memiliki bisnis lain dan buku mereka sendiri. Lantas, siapa saja mereka?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Rosanna Pansino, Roman Atwood, Lilly Singh

Rosanna Pansino, Roman Atwood, Lilly Singh


Di tempat ke-8, ada tiga artis YouTube dengan penghasilan sama, yaitu US$ 2,5 juta atau sekitar Rp 33,3 miliar. Mereka bertiga adalah Rosanna Pansino, Roman Atwood, Lilly Singh.

Rosanna Pansino memiliki kanal yang membahas tentang kue di YouTube, yang paling aneh dan juga paling populer di antara kanal kue lainnya. Kanal "Nerdy Nummies" milik Pansino juga mengotak-atik resep konvensional, termasuk video untuk kreasi makanan seperti "Pi Pie Pops" dan "Princess Peach Cobbler."

Adapun Roman Atwood merupakan artis YouTube dengan kanal yang dipenuhi humor-humor dan tingkah iseng yang mengundang tawa. Atwood belakangan ini dijuluki sebagai artis YouTube "paling iseng dan mengerikan". Dia berpura-pura membunuh bayinya sendiri sebanyak dua kali, untuk merekam reaksi pacarnya. Dia juga merekam sejumlah video iseng mengerikan lainnya di kanal miliknya.

Sementara Lilly Singh melakukan banyak hal, mulai dari sketsa komedi hingga video musik di kanal YouTube miliknya. Singh juga memiliki julukan Superwoman dan basis penggemar fanatik. Videonya juga telah mendarat di jaringan Collective Digital Studio, yang memiliki lebih dari 700 kanal para kreator.

3 dari 7 halaman

Michelle Phan

Michelle Phan


Berikutnya adalah Michelle Phan, yang merupakan artis YouTube berumur 27 tahun dengan lebih dari 7,5 juta pelanggan. Penghasilannya mencapai US$ 3 juta atau sekitar RP 4 miliar. Selain merekam video dirinya memeragakan makeup dan tutorial rambut, Phan juga meluncurkan jaringan video gaya hidup online miliknya sendiri.

Dia juga ikut mendirikan langganan startup pengiriman makeup Ipsy pada tahun 2011 dengan Marcelo Camberos, yang sebelumnya seorang eksekutif di Funny or Die, dan Jennifer Goldfarb, seorang analis Goldman Sachs yang banting setir menjadi eksekutif di perusahaan makeup Bare Escentuals. Ipsy belum lama ini mendapat pendanaan US$ 100 juta.

4 dari 7 halaman

KSI, Rhett & Link

KSI, Rhett & Link


Di tempat kelima, ada 2 artis YouTube yang berpenghasilan US$ 4,5 juta atau sekitar Rp 61 miliar. Mereka adalah KSI dan Rhett & Link.

Sebagai seorang remaja, Olajide "KSI" Olatunji memainkan lini video game FIFA besutan EA Sports selama berjam-jam di rumah orang tuanya. Pada tahun 2009, ia mulai mengunggah rekaman dirinya sedang memainkan dan mengomentari permainan tersebut ke YouTube, dengan nama akun KSIOlajidebt.

Kemudian, apa yang dilakukan duo Rhett McLaughlin dan Charles Lincoln Neal III di kanal YouTube miliknya? Kedua pria yang terbilang tua untuk ukuran artis YouTube ini --mereka berusia 38 dan 37 tahun-- paling dikenal piawai membuat iklan bergaya lokal untuk perusahaan, seperti Ojai Valley Taksidermi dan Red House Furniture. Mereka telah mendapatkan sponsor dari merek besar bagi banyak video mereka.

5 dari 7 halaman

Lindsey Stirling

Lindsey Stirling


Karena Lindsey Stirling gagal menembus kontrak di label record besar pada 2007 lalu, dia mulai membuat video dirinya sedang bermain biola ke YouTube. Ya, Stirling merupakan pemain biola klasik dan terlatih, yang terkenal karena memiliki kemampuan membawakan musik biola dengan lagu hip-hop. Pada 2010, Stirling tampil di ajang pencarian bakat America's Got Talent, di mana ia dikenal secara luas sebagai pemain biola hip-hop. Pencapaiannya selama ini mengantarkan dia dengan limpahan materi senilai US$ 6 juta atau sekitar Rp 80 miliar.

6 dari 7 halaman

TheFineBros dan Smosh

TheFineBros dan Smosh


Benny dan Rafi Fine yang berasal dari Brooklyn merupakan dua produser/penulis/sutradara online yang menciptakan seri video React yang sangat sukses. Melalui seri video yang diunggahnya (Kids React, Teens React, Elders React, dan YouTubers React), TheFineBros menunjukkan video viral kepada subjek atau target dan merekam reaksi mereka. Ford dan Comedy Central diketahui telah menjadi sponsor bagi TheFineBros. Banyak pihak yang menganggap bahwa TheFineBros menjadi salah satu duo artis YouTube pertama.

Sama seperti TheFineBros, namun lebih senior, Smosh merupakan duo komedi yang terdiri dari dua orang artis YouTube, yaitu Ian Hecox dan Anthony Padilla. Smosh adalah satu dari artis YouTube sensasional pertama, yang menjadi terkenal karena video komedi dengan unsur parodi dan pop culture. Duo ini membuka hingga beberapa kanal dan sebuah aplikasi untuk konten mereka.

Berapakah penghasilan TheFineBros dan Smosh? US$ 8,5 juta atau sekitar Rp 115 miliar!

7 dari 7 halaman

PewDiePie

PewDiePie


Siapa sangka, pria Swedia bernama Felix Arvid Ulf Kjelberg, atau lebih dikenal dengan nama PewDiePie, menjadi artis YouTube terkaya. Ia merupakan komentator video game yang benar-benar telah mendominasi YouTube selama tahun lalu. Videonya menunjukkan dia sedang memainkan berbagai video game, sementara kotak di sudut atas layar menunjukkan reaksinya atas apa yang terjadi. Ia banyak disanjung karena sangat memerhatikan penggemarnya dengan menghabiskan banyak waktu berbicara tentang mereka, menjawab pertanyaan mereka di bagian komentar YouTube, dan membentuk sebuah komunitas 'Bros'. Sebagai artis YouTube terkaya, total kekayaannya mencapai US$ 12 juta atau sekitar Rp 163 miliar.

(why/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.