Sukses

Permudah Pemantauan, XL Kembangkan Sistem Monitoring Bus

Sistem berbasis Internet of Things (IoT) ini dirancang agar bermanfaat bagi penumpang dan pengemudi bus.

Liputan6.com, Jakarta - Pada Perayaan Ulang Tahun ke-19 XL, di Jakarta, Jumat (16/10/2015), XL Axiata juga mengumumkan kerja sama dengan Perusahaan Umum Damri (Perum Damri) untuk menyediakan Passanger System Information.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (Mou) antara Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini dan Direktur Utama Perum Damri, Agus S Subrata.

Solusi berbasis Internet of Things (IoT) ini diklaim akan memberikan keuntungan bagi penumpang, pengemudi bus, dan pengelola manajemen Damri.

Salah satu manfaatnya, penumpang dapat mengetahui kedatangan bus dan memonitor anggota keluarga yang sedang dalam perjalanan. Pengelola juga dapat memantau kerusakan bus.

Saat ini, sistem tersebut hanya berupa solusi trip management. Namun, XL akan memperluasnya ke layanan tiket online dan pembayaran online.

"Saat ini baru Bus Damri di Bandara Soekarno-Hatta dengan rute ke seluruh Jakarta, yang sudah memiliki sistem itu. Kami akan perluas hingga nation wide," kata Arifa Febriyanti GM Internet of Things (IoT) XL, ditemui usai acara.

Pihaknya tak menutup kemungkinan akan mengembangkan aplikasi dengan sistem serupa agar pemantauan menjadi lebih mudah. Diperkirakan aplikasi tersebut akan siap pada awal tahun depan.

(cas/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini