Sukses

YouTube Siapkan Konten Video Berbayar

Selain dikabarkan sedang menyiapkan video bebas iklan, YouTube juga menyiapkan konten video berbayar hasil kolaborasi dengan kreator video.

Liputan6.com, Jakarta - YouTube dikabarkan sedang mengembangkan sebuah layanan langganan berbayar untuk penggunanya. Mengutip informasi dari laman Recode, Senin (19/10/2015), YouTube dikabarkan sedang bekerjasama dengan beberapa pembuat selebritis YouTube ternama untuk menghadirkan sebuah konten baru yang hanya dapat ditonton apabila pengguna membayar terlebih dahulu.

Selain dapat menonton video khusus, pengguna yang membayar juga akan mendapatkan fitur lain yaitu menonton video YouTube bebas iklan, termasuk semua video yang muncul di layanan gratis.

Kendati demikian, belum diketahui kapan YouTube akan mulai menggulirkan fitur berbayar ini. Diperkirakan fitur ini akan mulai diperkenalkan pada acara YouTube di Los Angeles tanggal 21 Oktober.

Kehadiran layanan berbayar ini tidak bermaksud untuk menghilangkan layanan video gratis yang telah lebih dulu hadir, namun dengan hadirnya layanan ini dapat memberikan pilihan bagi pengguna untuk menonton video lewat YouTube.

Usaha YouTube untuk menghadirkan konten berbayar bukanlah kali pertama dilakukan. Sebelumnya pada tahun 2011, YouTube bekerja sama dengan musisi termasuk untuk Jay-Z untuk membuat konten yang ditampilkan di YouTube. Namun, langkah tersebut dianggap gagal sebelum sempat berkembang lebih luas.

Sebelum ini YouTube juga dikabarkan akan menghadirkan layanan video bebas iklan, meskipun belum diketahui secara pasti kapan layanan ini akan mulai digulirkan.

(dam/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.