Sukses

Tak Cuma di Kafe, Kini WiFi juga Ada di Trotoar

Kerja sama Chiltren Distric Council dan Virgin Media hadirkan layanan internet cepat dari perangkat WiFi yang dipasang di trotoar.

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran WiFi di tempat-tempat umum sudah jamak ditemui sekarang ini. Kafe, restoran, stasiun, dan beberapa taman kota sudah menyediakan fasilitas ini.

Namun, kebanyakan layanan tersebut membuat pengguna diharuskan berada di tempat tersebut agar terus dapat memperoleh jaringan internet.

Oleh karena itu, sebuah distrik di Inggris melalui Chiltren Distric Council yang bekerja sama dengan salah satu penyedia layanan internet, Virgin Media, membuat sebuah proyek pertama pengadaan internet lewat perangkat WiFi yang dipasang di jalanan kota.

Mengutip informasi dari laman Ubergizmo, Rabu (21/10/2015), nantinya perangkat-perangkat WiFi ini akan diletakkan menjadi beberapa objek, namun semuanya akan dipasang di trotoar yang disebut sebagai Smart Pavement.

Dengan demikian, penduduk kota yang berada di sekitar pusat kota dapat memanfaatkan layanan internet ini. Layanan WiFi di tengah kota dengan kuota tak terbatas ini diklaim memiliki kecepatan internet sampai 166 Mbps. 

Perangkat yang didesain juga akan membaur dengan sekitarnya sehingga penduduk sekitar tidak akan mengetahui keberadaan perangkat-perangkat tersebut, seperti salah satunya diletakkan di bawah penutup lubang got yang dilengkapi dengan penutup khusus.

Salah satu alasan dipilihnya Chiltern District Council adalah karena secara demografis, tempat layanan bagi warga dan wisatawan yang berada di kawasan Chesham itu mewakili populasi Inggris secara keseluruhan dan dimungkinkan penyebaran layanan yang lebih cepat di seluruh kota ketimbang hanya di satu lokasi.

(Dam/Isk)*

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini