Sukses

Didukung Pemerintah, Samsung Garap Teknologi Robotik

Dengan dana Rp 200 miliar dari pemerintah Korea Selatan, Samsung bersiap garap teknologi robot untuk penggunaan di bidang industri

Liputan6.com, J3karta - Perusahaan teknologi asal Korea Selatan, Samsung, dikabarkan mulai merambah pengembangan teknologi di bidang robotik. Pengembangan teknologi dalam bidang robotik ini merupakan kerjasama antara Samsung dan pemerintah Korea Selatan untuk mendukung penggunaan robot dalam penggunaan industri.

Seperti dikutip dari laman The Register, Selasa (20/10/2015), untuk mulai menjalankan proyek pemerintah Korea Selatan melalui Kementerian Perdagangan, Industri, dan Energi telah menginvestasikan dana sebesar US$ 14,8 juta atau sekitar Rp 200 miliar untuk membantu Samsung mengembangkan robot yang dapat melakukan berbagai pekerjaan rumit.

Kerja sama antara pemerintah Korea Selatan dan Samsung ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya upah pekerja salah satunya di Tiongkok. Oleh karena itu, pemerintah Korea Selatan berharap dengan pengembangan teknologi robotik di bidang industri ini dapat membantu mengurangi biaya produksi.

Jika rencana ini berjalan lancar maka tidak menutup kemungkinan nantinya Korea Selatan dapat mengembangkan produksi sendiri, termasuk memasok untuk kebutuhan pabrikan lain yang selama ini dilakukan oleh pekerja di Tiongkok dan negara-negara berkembang lainnya.

Penggunaan teknologi robot dalam sebuah produksi perusahaan memang bukanlah kali pertama. Beberapa perusahaan otomotif ternama seperti Volkswagen juga telah menggunakan robot untuk melakukan tugas dalam bidang produksi.

(dam/cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.