Sukses

Diisukan Tutup Lini Smartphone, Sony Buka Pabrik di Thailand

Sony perluas lini produksinya dengan buka pabrik di Thailand.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan teknologi asal Jepang, Sony, yang sempat santer dikabarkan berencana untuk menutup lini penjualan smartphone-nya ternyata akan membuka pabrik smartphone di Thailand.

Mengutip informasi dari laman Nikkei, Kamis (22/10/2015), pabrik ini nantinya bertindak sebagai lini proses produksi dari awal sampai akhir, meliputi pemasangan chip sampai perakitan.

Diperkirakan Sony telah mengeluarkan jutaan yen untuk investasi pabrik ini. Lini produksi pabrik ini nantinya akan dimulai pada tahun fiksal 2016 dan menempati tempat yang sudah ada di provinsi Pathum Thani.

Pabrik ini akan dimiliki dan dijalankan oleh anak perusahaan Sony EMCS, sementara itu untuk jalur produksi akan diatur oleh Kohda facility di Prefektur Aichi dan dikirimkan ke Thailand.

Pabrik di Thailand ini akan menjadi pabrik pertama Sony di lini smartphone setelah lebih dari 20 tahun. Sebelumnya, pabrik terakhir dari Sony untuk produksi di bidang smartphone terletak di Beijing yang dididirikan pada 1995.

Kehadiran pabrik terbaru Sony di Thailand akan fokus pada kemasan dengan kepadatan tinggi dan teknologi chip susun untuk produk yang lebih ramping. Sementara, pabrik Sony di Jepang akan lebih fokus pada pembuatan smartphone, termasuk sensor gambar dan komponen kamera.

Langkah Sony untuk membuka pabrik di Thailand dapat menjadi indikasi bahwa Sony tetap fokus pada lini smartphone dan menepis anggapan bahwa Sony berencana menutup lini produksi smartphone. 

(dam/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini