Sukses

Fitur Pencarian di Facebook Makin Ciamik

Facebook telah memperbarui fitur pencarian, sehingga pengguna kian mudah mencari berbagai informasi di layanan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Fitur pencarian Facebook kini menjadi lebih berguna. Raksasa media sosial itu telah memperbarui fitur pencarian, sehingga pengguna kian mudah saat mencari berbagai informasi di layanan tersebut.

Laman Mashable, yang dikutip Sabtu (24/10/2015) melansir, pembaruan fitur pencarian telah mulai diluncurkan untuk versi website, serta aplikasi iOS dan Android. Ada tiga penyempurnaan besar dalam fitur ini yaitu dalam hal pencarian personal, kemampuan untuk mencari postingan yang dibagikan oleh teman-teman dan topik yang tengah menjadi perbincangan hangat di layanan tersebut.

Sebelumnya, ketika pengguna mengetik kata pencarian maka yang muncul berkaitan dengan page, akun pengguna lain, grup, event, aplikasi atau topik terhangat. Hasil pencarian tersebut berguna jika pengguna mencari sesuatu yang spesifiki seperti fan page atau acara televisi. Namun kurang membantu jika pengguna mencoba mencari tahu lebih banyak informasi umum.

Kini dengan pembaruan, Facebook akan menampilkan hasil pencarian personal untuk membantu pengguna menemukan apa yang mereka cari. Fitur Search juga akan menyoroti berbagai topik yang tengah populer secara real time.

Selain itu, postingan personal pengguna Facebook juga akan tampil di hasil pencarian. Ketika pengguna mencari tahu soal acara televisi favorit mereka, misalnya, maka postingan dari teman-temannya mengenai acara tersebut juga akan muncul.

Pengguna juga bisa lebih mudah melihat sentimen terhadap suatu topik di Facebook. "Kini dengan sekali tap, Anda bisa menemukan postingan publik mengenai sebuah link, melihat kutipan dan kalimat populer di postingan-postingan, serta gambaran umum sentimennya," ungkap VP of Search Facebook, Tom Stocky.

Facebook menekankan bahwa hasil pencarian tidak akan menampilkan apa pun yang bersifat pribadi. Karena itu, para pengguna harus memastikan postingan apa saja yang bisa dilihat oleh teman-teman mereka agar yang bersifat pribadi tidak terpampang di hasil pencarian.

(din/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini