Sukses

Xiaomi Juga Garap Teknologi 3D Touch?

Bocoran dari akun @Leaksfly mengungkap bahwa Xiaomi telah ajukan paten terkait teknologi yang serupa teknologi 3D Touch

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi dikabarkan akan menghadirkan fitur 3D Touch, yang pertama kali diperkenalkan Apple, yang kemungkinan akan digunakan di smartphone terbarunya.

Rumor ini berkembang setelah akun @Leaksfl -- yang sering memberikan bocoran tentang gawai terbaru -- mengungkapkan bahwa Xiaomi telah mengajukan paten untuk teknologi yang mirip dengan 3D Touch. Demikian dikutip dari laman Tech Times, Senin (26/10/2015). 

Dari bocoran tersebut, diperkirakan juga bahwa Xiaomi kemungkinan akan menggunakan teknologinya sendiri untuk mengembangkan teknologi layar sentuh yang sensitif terhadap tekanan.

Namun, menurut beberapa pihak, tidak tertutup kemungkinan bahwa Xiaomi akan menggandeng perusahaan lain seperti Synaptics, pembesut teknologi layar ClearForce yang dapat membedakan berbagai jenis tekanan, untuk mengembangkan teknologi layar ini. 

Terlebih Xiaomi dan Synaptics telah bekerja sama sejak membawa teknologi kontroler ClearPad S3708 untuk perangkat Xiaomi, Mi4c. Artinya, kemungkinan keduanya untuk bekerja sama lagi lebih besar. 

Sekadar informasi, sebenarnya teknologi ClearPad S3708 dari Synaptics juga sudah mampu mendukung 3D Touch dan Side Touch. Namun, Xiamoi hanya memilih menggunakan teknologi Side Touch yang digunakan di Mi4c.

Kendati demikian, masih belum dipastikan apakah nantinya teknologi ini akan disematkan di Mi 5 sebab informasi mengenai Mi 5 sendiri masih sangat sedikit. Selain Xiaomi, pabrikan lain yang dikabarkan juga menghadirkan fitur 3D Touch adalah Samsung.

Samsung dikabarkan tidak akan mengembangkan teknologi itu sendirian. Sebab perusahaan asal Korea Selatan disebut juga sedang menjajaki kemungkinan kerjasama dengan Synaptics.

(dam/cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.