Sukses

Apple Rekrut Ahli Kecerdasan Buatan Nvidia

Apple merekrut Director of Deep Learning produsen chip Nvidia, Jonathan Cohen.

Liputan6.com, Jakarta - Apple merekrut Director of Deep Learning produsen chip Nvidia, Jonathan Cohen. Menurut laporan, perekrutan Cohen berkaitan dengan rencana besar Apple dalam industri mobil.

Nvidia dikenal dengan produk grafis yang digunakan untuk berbagai game komputer, tapi baru-baru ini mulai melebarkan sayap ke dunia kendaraan otonomos (tanpa supir). Menurut laporan Re/code, Deep learning adalah sebuah cabang dari Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang bisa melatih komputer memproses pola data visual dalam skala besar.

Nvidia menggunakan teknik tersebut untuk mobil. Perusahaan menjual chip besutanya yaitu Graphic Processing Units (GPU) kepada produsen mobil, kemudian digunakan untuk kamera dan radar yang memungkinkan kendaraan mengemudi secara mandiri (otonomos).

Sejalan dengan keahlian Cohen, Apple diketahui memiliki sebuah proyek internal dalam skala cukup besar yang berhubungan dengan mobil. Apple dikabarkan tertarik untuk ikut menghadirkan mobil pintar.

Pada pekan lalu, Chief Executive Officer (CEO) Apple, Tim Cook, mengatakan bahwa perubahaan besar akan segera hadir di industri mobil. Alhasil, perekrutan Cohen disebut-sebut berkaitan dengan ambisi Apple tersebut.

"Ini adalah perekrutan besar bagi Apple. GPU Nvidia juga digunakan untuk menyokong sistem auto-pilot di mobil-mobil, jadi tujuannya (perekrutan) sudah sangat jelas," ungkap co-founder sebuah startup deep learning Skymind.io, Chris Nicholson, seperti dikutip dari Re/code, Senin (26/10/2015).

(din/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini