Sukses

Apple Mengekor Android, Beli Aplikasi via Potong Pulsa

Meskipun bukan hal baru, langkah Apple ini menjadi salah satu cara Apple untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Liputan6.com, Jakarta - Apple selama ini dikenal melayani pembelian konten di iTunes melalui layanan kartu kredit atau kartu debit. Namun baru-baru ini Apple menawarkan cara pembelian baru untuk penggunanya, yaitu melalui sistem potong pulsa.

Mengutip informasi dari laman Tech Crunch, Jumat (30/10/2015), untuk menghadirkan layanan ini Apple telah bekerja sama dengan O2/Telefonica di Jerman. Dengan demikian untuk saat ini, baru pengguna O2 di Jerman saja yang dapat menikmati layanan ini.

Melalui cara ini nantinya pengguna dapat langsung membayar konten di iTunes dengan pulsa prabayar atau dibebankan ke tagihan telepon bagi yang menggunakan layanan pascabayar. Sistem potong pulsa ini berlaku untuk seluruh konten Apple di Apple Music, iTunes, App Store, serta iBooks.

Beberapa pihak menilai langkah Apple ini merupakan salah satu cara untuk membuat layanannya lebih mudah diakses pengguna di pasar negara berkembang, termasuk di negara-negara di mana produk Apple belum banyak dikenal. Kendati demikian, belum diketahui kapan layanan ini akan diperkenalkan di negara lain.

Pembelian konten melalui sistem potong pulsa sebenarnya bukanlah hal baru. Sebelumnya, sistem operasi lain seperti Windows Phone dan Android juga telah menerapkan hal serupa. Bahkan, keduanya sudah menerapkan hal tersebut di Indonesia.

(dam/why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.