Sukses

Penampakan Matahari `Halloween` Tertangkap NASA

Jika dipantau dari jauh, akan tampak seperti buah labu raksasa "Jack-o'-lantern" yang sering digunakan untuk menghias perayaan Halloween

Liputan6.com, California - Menjelang akhir bulan Oktober 2015, The National Aeronautics and Space Administration (NASA) merilis sebuah gambar penampakan Matahari yang diambil pada 8 Oktober 2015 lalu.

Penampakan matahari tersebut terlihat tak biasa, jika dipantau dari jauh, akan tampak seperti buah labu raksasa "Jack-o'-lantern" yang sering digunakan untuk menghias perayaan Halloween.

Seperti diketahui, Halloween yang banyak dirayakan orang barat, jatuh pada 31 Oktober 2015. Karena penampakan Matahari tersebut diabadikan dalam warna jingga kemerahan dan membentuk wajah Jack-o'-lantern, citra Matahari ini disebut sebagai Matahari `Halloween` atau "Pumpkin Sun".

Menurut informasi yang dilaporkan Cnet, Sabtu (31/10/2015), gambar tersebut diambil dari sensor kamera Solar Dynamics Observatory (SDO) milik NASA. Memang, setelah dilihat agak lama, Matahari tersebut cenderung memiliki wilayah api yang berpendar lebih terang dari wilayah lainnya, sehingga membentuk pola mata, hidung dan mulut, yang memperlihatkan impresi wajah labu Jack-o'-lantern.

 
"Cahaya api yang lebih terang tersebut kami nilai sebagai `wilayah aktif` yang seolah membentuk wajah labu Jack-o'-lantern," terang Joe Witte, peneliti antariksa dari NASA Goddard Space Flight Center.

Witte menjelaskan terkait mengapa wilayah api tersebut bercahaya terang dari wilayah lain, karena wilayah aktif tersebut memiliki emisi cahaya dan energi yang begitu besar.

Fenomena ini dinilai langka oleh NASA. Apalagi, penampakan Matahari tersebut diambil pada momen yang sesuai juga -- yakni tepat pada perayaan Halloween pada akhir Oktober ini.

(jek/cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini