Sukses

Ikon Bintang Twitter Berubah Jadi Hati, Pengguna Kecewa

Ikon bintang yang berfungsi sebagai favorit kini telah digantikan ikon hati. Apakah Anda suka dengan tampilan baru di Twitter ini?

Liputan6.com, Jakarta - Twitter baru saja merombak salah satu fiturnya. Kali ini, ikon bintang yang biasanya berfungsi menjadi tombol 'favorite' cuitan si pengguna, diganti menjadi ikon hati yang kini berfungsi sebagai tombol 'like'.

Pihak Twitter Indonesia juga mengumumkan perubahan tersebut secara resmi pagi ini, Rabu (4/11/2015). Mereka mengumumkan fungsi dari ikon hati dan menjelaskan bahwa ikon itu juga akan tersedia di jejaring berbagi video milik Twitter, Vine.

Anda bisa menyukai banyak hal, tetapi tidak semuanya bisa menjadi favorit. Ikon hati merupakan simbol universal yang dikenal di seluruh bahasa, budaya, dan negara. Ikon ini juga lebih ekspresif, sehingga memungkinkan Anda mengekspresikan berbagai emosi yang Anda rasakan. Dan dalam pengujian yang kami lakukan, banyak orang menyukainya.

Menurut Twitter, pergantian ini dilakukan untuk mempromosikan simbol yang lebih universal dan bisa diterima oleh semua bahasa, budaya, dan di semua zona waktu.

Sayangnya, pergantian ikon fenomenal tersebut diprotes oleh sebagian pengguna Twitter. Menurut mereka, ikon bintang yang sudah ada sejak Twitter hadir pertama kali merupakan ikon yang begitu 'menempel' dengan Twitter. Selain itu, fungsi favorite juga memudahkan mereka untuk menyimpan cuitan dalam bookmark di profil mereka.

Berikut beberapa cuitan pengguna Twitter yang mengeluhkan kehadiran ikon hati:

Faktanya, ikon hati memang telah lebih dulu hadir di jejaring sosial lain, seperti Path dan Instagram. Facebook tengah menguji coba fitur 'Like' terbarunya yang konon akan menghadirkan ikon hati.

Banyak pengguna Twitter berpendapat, penggunaan ikon hati lebih cocok digunakan di jejaring sosial berbagi foto seperti Instagram. Hal tersebut memang dirasa cocok untuk mengekspresikan reaksi kesukaan dengan postingan yang diunggah.

Apakah Twitter akan kembali mengembalikan sang 'bintang' setelah melihat banyaknya keluhan para pengguna?

(Jek/Isk)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini