Sukses

Kaskus Akhirnya Punya Layanan Rekening Bersama

Forum online terbesar di Indonesia itu akhirnya menghadirkan layanan rekening bersama yang dikelola langsung oleh Kaskus.

Liputan6.com, Jakarta - Forum jual beli Kaskus beberapa bulan lalu sempat dihebohkan dengan isu penggelapan dana yang dilakukan oleh salah satu pengelola rekening bersama (rekber). Karena itu, beberapa pihak menyarankan agar Kaskus merilis layanan serupa untuk menjamin keamanan pengguna.

Kendati tidak terpengaruh langsung kasus tersebut, bersamaan dengan ulang tahun ke-16 mereka, forum online terbesar di Indonesia itu akhirnya menghadirkan layanan rekening bersama yang dikelola langsung oleh Kaskus. Layanan ini bernama BranKas atau Brankas Kaskus.

“Layanan ini sebenarnya sudah direncanakan sejak lama, kira-kira awal tahun ini. Namun kebetulan saja beberapa waktu lalu terjadi kasus dengan pengguna rekening bersama,” ujar Ardyanto Alam, VP Head of Product Management Kaskus, yang ditemui di sela-sela acara ulang tahun Kaskus, Jumat (4/11/2015).

Layanan ini merupakan fasilitas dari Kaskus untuk menjembatani proses pembayaran antara penjual dan pembeli yang bertransaksi di forum jual beli Kaskus. Lewat hadirnya fitur ini diharapkan pengguna dapat melakukan transaksi secara lebih aman dan mudah.

Namun, Ardyanto juga menegaskan bahwa kehadiran BranKas tidak bermaksud untuk menggantikan rekber lain yang ada saat ini. Sebab, menurut dia, pengelola rekber yang lain pada dasarnya juga merupakan bagian dari ekosistem jual beli Kaskus.

“BranKas merupakan alternatif pembayaran yang ditawarkan Kaskus kepada Kaskuser yang ingin bertransaksi menggunakan rekber,” ujar Ardyanto. Lebih lanjut, Ardyanto mengungkapkan bahwa untuk saat ini Kaskus telah bekerja sama dengan BCA sebagai mitra layanan ini.

Cara penggunaan BranKas sebenarnya tidak berbeda jauh dengan cara bertransaksi menggunakan rekber pada umumnya. Layanan ini dapat digunakan oleh registered seller, penjual yang sudah terdaftar serta verified seller, penjual yang telah terdaftar dan terverifikasi oleh Kaskus.

Kaskus juga sudah mengantisipasi masalah yang mungkin terjadi ketika bertransaksi menggunakan BranKas. Untuk itu, Kaskus juga sudah menyiapkan Resolution Center untuk membantu apabila terjadi masalah antara penjual dan pembeli, termasuk meminta bantuan pada customer support di forum jual beli.

(dam/dew)**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.