Sukses

Penemu USB ini Tak Pernah Ambil Royalti dari Hasil Temuannya

Teknologi USB kini telah menghubungkan lebih dari 10 miliar perangkat di seluruh dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Universal Serial Bus (USB) atau standar penghubung perangkat, memasuki usia ke-20 tahun pada Minggu kemarin (15/11/2015). Kini USB yang biasa digunakan untuk transfer data itu telah digunakan di lebih dari 10 miliar perangkat di dunia. 

Kendati demikian, penemu teknologi USB justru tak pernah ambil pusing untuk mengambil uang royalti yang dihasilkan dari temuan teknologinya tersebut. 

"Aku menciptakan USB bukan demi uang," ujar Ajay Bhatt, Chief Systems Technologist Intel, yang memiliki peran besar atas penemuan teknologi USB, kepada Business Insider, Senin (16/11/2015). 

Lanjutnya, "Aku melakukan ini untuk membawa perubahan, dan hal ini jarang sekali terjadi ketika seseorang berkesempatan untuk melakukan perubahan besar."

Chief System Technologist Intel, Ajay Bhatt, si pembuat teknologi USB

Faktanya, memang teknologi USB tidak dibuat untuk menghasilkan uang, sebab Intel -- yang memiliki paten atas teknologi yang diciptakan Bhatt itu -- memutuskan untuk menjadikan teknologi USB bebas royalti dan dapat dipakai siapa saja.

Dan Intel dianggap melakukan hal yang tepat, menurut Bhatt.

Kini USB telah ditetapkan secara de facto sebagai standar penghubung bagi perangkat berbeda. Hal ini menuai respon hangat ketika Bhatt pertama kali mengeluarkan ide itu untuk perusahaan teknologi , seperti Apple dan Microsoft di era 90-an. 

(cas/isk) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini