Sukses

Sony Rencana Garap Mobile Chip Sendiri?

Keberhasilan pabrikan lain yang sudah memproduksi chip secara mandiri jadi salah satu alasan Sony berencana garap chip mobile sendiri

Liputan6.com, Jakarta - Sony Mobile selaku pembesut smartphone seri Xperia, disebut memiliki rencana untuk memproduksi mobile chip sendiri. Kendati belum pasti, perusahaan asal Jepang tersebut dikabarkan akan mengikuti jejak Huawei, Samsung, dan Apple yang sudah memproduksi chip secara mandiri.

Informasi ini pertama kali diketahui dari laman Digi Times yang sering membagi bocoran terkait rencana perangkat-perangkat teknologi.

Mengutip informasi dari laman Digital Trends, Jumat (20/11/2015), rencana Sony untuk memproduksi chip secara mandiri dipengaruhi oleh keberhasilan pabrikan lain yang telah melakukan hal serupa sebelumnya.

Baca Juga

Penggunaan chip yang diproduksi sendiri dikabarkan membantu meningkatkan laba serta memperluas pangsa pasar. Hal yang sudah dilakukan oleh Samsung, Apple, serta Huawei inil, yang kemudian membuat Sony tertarik untuk mencoba strategi yang sama.

Tidak hanya itu, informasi lain menyebutkan bahwa Sony tidak sendirian dalam memproduksi chip-nya tersebut. Sony dikabarkan telah bekerja sama dengan perusahaan Taiwan, Global Unichip, untuk membantu mendesain chip tersebut.

Sebelumnya, Sony selalu menggunakan chip besutan Qualcomm di sebagian besar smartphone besutannya. Sementara, untuk perangkat menengahnya Sony memilih menggunakan MediaTek.

Kendati demikian, sampai saat ini belum ada pernyataan resmi dari Sony Mobile terkait informasi ini. Jadi, kemungkinan besar chip ini tidak akan digunakan di lini smartphone Sony dalam waktu dekat.

(dam/cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.