Sukses

Ini Pistol Buatan 3D Printer Pertama di Dunia

Bisa dibilang revolver tersebut sepenuhnya dibuat dengan 3D printing menggunakan material plastik tipe ABS atau nilon tahan lama.

Liputan6.com, Jakarta - Mahasiswa teknik mesin James Patrick membuat sebuah senjata api jenis revolver dengan teknologi 3D printing. Revolver tersebut mampu menembakkan hingga 8 peluru.

Bisa dibilang revolver tersebut sepenuhnya dibuat dengan teknologi 3D printing menggunakan material plastik tipe ABS atau nilon tahan lama, kecuali untuk beberapa bagian seperti per elastis, pin logam, dan batang baja.

Menurut Patrick, hasil kerjanya adalah senjata api 3D printing fungsional pertama di dunia yang telah dibuat menggunakan 3D printer bagi kalangan pengguna umum.



Dikutip dari Digital Trends, Jumat (27/11/2015), Patrick telah menggarap revolver tersebut selama berbulan-bulan dan desainnya terlihat sangat simpel. Uniknya, revolver besutan Patrick memungkinkan penggunanya untuk menembak hingga delapan kali tanpa reload.

Patrick menggunakan sebuah silinder 6 putaran atau 8 putaran yang dapat dilepas. Silinder tersebut ditempatkan oleh pin sederhana di bagian depan yang dapat dengan mudah dicopot. Ini memungkinkan pengguna untuk menukar silinder 6 putaran dan menggantinya dengan silinder 8 putaran tanpa memodifikasi pistol.

Dalam upaya untuk mematuhi regulasi senjata api, Patrick telah menambahkan material logam yang cukup pada pistol plastik tersebut menggunakan batang baja.

(why/cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini