Sukses

Apple Bakal Hilangkan Colokan Headphone di iPhone 7?

Meski masih `abu-abu`, rupanya sudah beredar rumor yang mengungkap bahwa iPhone 7 tidak akan lagi menggunakan colokan jack berukuran 3,5 mm.

Liputan6.com, Cupertino - Informasi terkait kapan diperkenalkan seri iPhone terbaru Apple, iPhone 7, belum juga diumumkan. Apple sendiri memang masih menutup rapat-rapat soal update pengembangan iPhone generasi ketujuh tersebut.

Meski masih 'abu-abu', rupanya sudah beredar rumor yang mengungkap bahwa iPhone 7 tidak akan lagi menggunakan colokan jack berukuran 3,5 mm. Pasalnya, iPhone 7 akan memiliki bodi yang lebih tipis, dan akan menjadikannya sebagai iPhone tertipis dari semua seri iPhone yang sudah dipasarkan.

Mengutip laman Engadget, Rabu (9/12/2015), hal tersebut memang masih bersifat rumor. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan jika perusahaan yang berbasis di Cupertino tersebut berencana untuk mengganti jack headphone 3,5 mm dengan colokan yang lebih tipis untuk iPhone 7.

Kenyataannya, Apple sendiri masih menggunakan jack headphone 3,5 mm sebagai port audio-nya. Memang, ukuran port itu dinilai ukuran yang paling pas dan konvensional untuk dipasang di berbagai perangkat saat ini.

Alih-alih menggunakan jack headphone, Apple dikabarkan akan menggantinya dengan Lightning Port, yang mana diketahui merupakan port charging anyar yang digunakan di perangkat terbaru Apple.

Apple's next iPhone reportedly ditches the headphone jack

Sampai saat ini, Apple memang belum angkat bicara terkait isu pergantian jack headphone 3,5 mm untuk iPhone 7.

Namun, soal terkait penggunaan Lightning Port sebagai port audio ini sudah menjadi pembahasan serius sejak 2014. Bahkan, sudah ada produsen headphone yang menggunakan Lightning Port sebagai port audio utamanya, seperti Harman Kardon.

(Jek/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini