Sukses

Smartfren Gelar Uji Jaringan 4G di Sumatera Utara

Uji jaringan Smartfren pada hari pertama dilakukan dengan rute Pemantang Siantar-Balige.

Liputan6.com, Jakarta - Operator seluler Smartfren kini memperluas pelaksanaan uji jaringan 4G-LTE Advanced di Indonesia. Kali ini operator tersebut memilih Sumatera Utara sebagai target uji jaringan selanjutnya.

Uji jaringan ini sekiranya dimulai dari Medan untuk rute Pemantang Siantar-Balige pada pukul 14.30 waktu setempat, Rabu (2/12/2015). Para awak media menggunakan dua aplikasi untuk uji coba jaringan ini, yakni nPerf dan Okla.

Secara singkat, Pematang Siantar merupakan salah satu kota terbesar di Sumatera Utara. Lokasinya berkisar 128 kilometer dari Medan. Sementara Balige adalah ibu kota Kabupaten Toba Samosir.

"Sebetulnya uji jaringan ini merupakan salah satu upaya kami untuk membuktikan bahwa jaringan kami tak hanya kuat di Pulau Jawa, tetapi juga di Sumatera Utara, misalnya," kata Munir Syahada Prabowo, Head of Network Special Project Smartfren, saat membuka acara Network Drive Test 4G-LTE Advanced.

Pantauan sementara tim Tekno Liputan6.com ketika memasuki wilayah Jalan Raya Medan, hasil uji jaringan full test menggunakan aplikasi nPerf mencatat kecepatan rata-rata download dan upload masing-masing 4,89 Mbps dan 1,74 Mbps. Kemudian performa browsing dan streaming masing-masing mencapai 29,04 dan 77,12 persen.

Wilayah Medan kini didukung 400 unit BTS 4G, yang mana 200 unit di antaranya merupakan BTS berteknologi carrier agregation/CA atau mendukung FDD dan TDD. Adapun di wilayah Sumbagut (Sumatera Barat-Kep Riau-Aceh-Sumatera Utara), jumlah BTS 4G Smartfren tercatat 600 unit.

Perlu diketahui, layanan 4G-LTE Advanced Smartfren di 22 kota telah resmi komersial pada Agustus lalu. Untuk menggelar 4G, perusahaan menggunakan dua frekuensi, yakni 850 MHz dan 2.300 MHz.

(Cas/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini