Sukses

Asyik, Facebook Bisa Diakses Secara Offline

Selain bisa mengakses News Feed, pengguna juga bisa melakukan memberikan komentar ketika offline

Liputan6.com, Jakarta - Mendekati penghujung tahun Facebook kembali merilis pembaruan untuk penggunanya. Pembaruan yang baru saja dirilis ini disebut dapat membantu pengguna Facebook yang sedang tidak terkoneksi internet, namun tetap ingin mendapatkan akses.

Ada beberapa fitur terbaru yang dihadirkan Facebook lewat pembaruan ini. Salah satunya adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk tetap dapat melihat News Feed terbaru meski dalam koneksi internet yang buruk atau tidak tersambung dengan server Facebook.

Mengutip informasi dari laman Tech Crunch, Jumat (11/12/2015), lewat pembaruan ini Facebook ingin memberikan pengalaman akses yang lebih baik bagi pengguna di daerah yang masih berkembang. Hal ini disebabkan kebanyakan daerah tersebut mengakses jejaring sosial dengan koneksi 2G.

Banyaknya pengguna Facebook yang mengakses News Feed disebut jadi salah satu alasan pembaruan ini dilakukan. Selain dapat mengakses News Feed ketika offline, pengguna juga dapat memberikan komentar di post tersebut.

"Perubahan ini akan membantu siapapun yang sedang berada dalam jaringan internet yang buruk. Termasuk ketika konektivitas jaringannya bagus tapi berada di tempat yang terbatas, seperti subway atau terowongan", ungkap Facebook dalam keterangannya.

Agar bisa menampilkan News Feed secara offline, Facebook mengungkapkan telah mengembangkan algoritma baru. Lewat algoritma itu nantinya News Feed yang ada di timeline namun belum dilihat pengguna, akan terunduh.

Dari situ, daftar News Feed yang belum dilihat tersebut akan diurutkan berdasarkan relevansi. Dan, daftar News Feed itulah yang dapat diakses pengguna ketika sedang offline. Namun ketika pengguna kembali online daftar News Feed akan diperbarui.

Cara yang sama juga dilberlakukan untuk fitur "komentar" dan "like" di sebuah post secara offline. Jadi, nantinya komentar pengguna akan disimpan dulu saat offline. Dan, ketika pegguna kembali online komentar tersebut baru akan diunggah ke kolom komentar.

Untuk sekarang, fitur dan pembaruan ini memang masih dalam tahap uji coba dan akan digulirkan secara bertahap. Facebook juga membuka tanggapan dari pengguna terhadap fitur baru ini.

(Dam/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.