Sukses

Telkom Rilis Solusi IT "STARBOX" untuk Pelaku UMKM

Produk ini merupakan solusi IT yang memudahkan pelaku UMKM untuk dapat menikmati konektivitas, aplikasi, dan layanan lain yang terintegrasi

Liputan6.com, Jakarta - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) baru saja merilis produk solusi IT untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bernama "STARBOX". 

Sebetulnya, STARBOX sudah dirilis pada November lalu, namun pendistribusiannya masih terbatas di beberapa lokasi di Jakarta. Selain itu, STARBOX juga adalah rebranding dari produk existing SHOPBOX yang diperkenalkan pada Desember 2014. 

Produk ini merupakan sebuah solusi IT yang memudahkan pelaku UMKM untuk dapat menikmati konektivitas dan aplikasi BosToko, sekaligus registrasi smart business secara terintegrasi.

"Sejauh ini, produk kami mendapat respon positif. Terbukti, SHOPBOX telah dinikmati 30.000 UMKM. Pada tahap ini, SHOPBOX didominasi oleh kategori konektivitas," kata Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Muhammad Awaluddin, dalam keterangan rilis kepada tim Tekno Liputan6.com, Senin (14/12/2015).

Namun, lanjut pria yang akrab disapa Awal ini, menambahkan bahwa dalam perjalanannya, Telkom telah menerima banyak masukan dari banyak pelaku UMKM yang menginginkan solusi terintegrasi. "Tak hanya okonektivitas, tetapi juga aplikasi lainnya yang berbasis mobile."

Ini yang mendasari Telkom untuk me-rebranding layanannya, mulai dari revitalisasi produk, yang sebelumnya hanya konektivitas berupa High Speed Internet (HSI) kini dilengkapi tambahan akses Wi-Fi dan starter-pack Telkomsel Simpati.

"STARBOX menjadi komitmen kami untuk mendukung pengembangan UMKM yang lebih maju, modern, dan mandiri. Kami yakin UMKM dapat mengambil peluang dan bersaing di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) melalui pemanfaatan ICT," tambah Awal.

Selain itu, perusahaan melakukan repackaging solusi dan renaming SHOPBOX menjadi STARBOX. Telkom menggunakan kata "STAR" yang merupakan akronim dari Smart solution for SME, Trusted, Affordable, dan Reliable.

Secara fisik, STARBOX dikemas dalam satu boks yang berisi kartu perdana simpati Telkomsel, kartu registrasi www.smartbisnis.co.id, akses Wi-Fi jutaan UMKM, membership blanja.com, free akses aplikasi akunting mudah, dan diskon hingga 25% biaya bulanan dari Jarvis-Store.

"Harga StarBox sangat Murah, hanya Rp 28 ribu dengan value lebih dari Rp 60 ribu plus berbagai bonus aplikasi-aplikasi untuk UMKM," tambah Executive General Manager DBS, Yusron Hariyadi. 

Telkom menargetkan 1 juta UMKM pengguna STARBOX di 2016. Untuk mencapai target dalam pendistribusian kartu, Telkom menggandeng Telesindo-Shop serta modern channel Alfa-Mart di seluruh Indonesia.

(Cas/Why) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini