Sukses

Ingin Berhenti Merokok? Yuk, Coba Aplikasi Ini

Anda bisa mengurangi kebiasaan merokok dengan sering menggunakan aplikasi bernama Quit Smoking: Cessation Nation.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak pecandu rokok yang tidak bisa menahan dirinya untuk tidak merokok. Bahkan, dalam sehari mereka dapat menghabiskan dua atau tiga bungkus rokok. Terlebih, banyak anak muda maupun mahasiswa mengaku, dengan merokok membuat suasana berkumpul terasa lebih seru dan asyik.

Namun jangan khawatir, Anda bisa mengurangi kebiasaan merokok dengan sering menggunakan aplikasi bernama Quit Smoking: Cessation Nation.

Aplikasi yang masuk dalam kategori kesehatan dan kebugaran ini diklaim mampu mengurangi kebiasaan merokok seseorang.

Mengutip laman Mirror, Rabu (16/12/2015), Quit Smoking: Cessation Nation merupakan gagasan dari sekelompok mahasiswa kedokteran yang tergabung dalam Cognitive Behavioural Therapy (CBT).

Aplikasi ini didesain dengan fitur yang dapat mendorong pengguna berusaha untuk mencapai target yang ditentukan dengan tampilan video animasi.

“Sebagai mahasiswa kedokteran, hampir setiap hari kami melihat pasien yang menderita akibat merokok. Banyak dari mereka ingin berhenti tetapi tidak memiliki dukungan yang diperlukan,” kata Yusuf Sherwani, salah satu mahasiswa kedokteran Imperial College London. 

Aplikasi ini bisa Anda unduh secara gratis di sini. Quit Smoking: Cessation Nation akan menampilkan seberapa lama Anda berhenti merokok, dan seberapa banyak jumlah uang yang Anda simpan untuk tidak membeli rokok.

"Kami sangat berharap aplikasi ini bisa memberikan dukungan kepada mereka (pecandu rokok). Kami percaya itu dapat mengubah keadaan," pungkas Sherwani. 

Rincian aplikasi ini sendiri sebelumnya pernah dipresentasikan pada British Thoracic Society Winter Meeting di London, Inggris.

(Riz/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini