Sukses

Asyiknya Berbagi Lokasi Tanpa Koneksi Internet, Kok Bisa?

Anda bisa mengirim lokasi pengguna tanpa terhubung dengan data internet melalui aplikasi bernama SMSNav.me.

Liputan6.com, Jakarta - Kita dipastikan tidak dapat menggunakan aplikasi berbasis online di smartphone jika tidak memiliki paket internet. Kita bahkan tidak akan bisa menggunakan Instagram, WhatsApp, BBM, Line dan seluruh aplikasi yang ada di smartphone, jika tidak tersambung dengan internet.

Namun menariknya, Anda bisa mengirim lokasi tanpa terhubung dengan data internet melalui aplikasi bernama SMSNav.me ini. Jika dalam perjalanan koneksi internet Anda terputus seketika, Anda tetap bisa mengirim keterangan lokasi lewat aplikasi ini.

Dengan cara mengirim pesan, lokasi Anda secara otomatis dapat terdeteksi. Jika menggunakan GPS harus tersambung dengan data internet, berbeda dengan SMSNav.me, tanpa koneksi intenet dapat terhubung.

Mengutip laman Techcrunch, Kamis (17/12/2015), salah satu pembuat aplikasi SMSNav.me, James Hitchcock, mengungkapkan pengalamannya setelah menggunakan aplikasi ini.

“Ketika berada dalam perjalanan panjang, kita mendapat masalah. Kita tidak memiliki koneksi internet, dan ini sangat membantu dalam menemukan lokasi A ke lokasi B tanpa menggunakan data internet (hanya perlu layanan GSM),” kata Hitchcock.

SMSNav.me juga dapat digunakan tanpa membuka aplikasi, hanya dengan mengirim lokasi “dari” dan “ke” berupa pesan. Pengguna akan diberi petunjuk lewat pesan yang diterima. Aplikasi ini pun dilengkapi dengan petunjuk yang sederhana.

Namun sayangnya, sampai saat ini Hitchcock bersama rekannya Moti Ferentz, masih harus menemukan cara untuk menghasilkan keuntungan dari aplikasi ini.

"Kami harus menemukan cara untuk membuatnya (SMSNav.me) menghasilkan keuntungan, di mana aplikasi ini akan mengenakan biaya setiap kali seseorang menggunakannya," pungkas Ferentz. 

(Riz/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.