Sukses

5 Trik Menghemat Baterai iPhone Agar Lebih Awet

Berikut trik jitu agar Anda bisa menghemat baterai iPhone lebih awet dan tidak cepat boros dalam penggunaan sehari-hari

Liputan6.com, Jakarta - Ketahanan daya baterai di iPhone memang telah menjadi isu yang telah dibahas berkali-kali. Hanya saja, acap kali ditemui penggunanya 'malas' untuk tahu kiat-kiat bagaimana membuat baterai iPhone-nya menjadi awet dan tidak boros.

Untuk itu, kali ini tim Tekno Liputan6.com akan kembali menyajikan trik menghemat baterai iPhone milik Anda agar lebih awet dan tidak cepat habis. Tanpa berpanjang lebar lagi, langsung simak caranya berikut ini:

1. Deteksi Aplikasi yang Boros Daya

Pada pembaruan iOS 9, Apple menghadirkan fitur baru di bagian "Battery Usage" yang bisa mendeteksi berapa lama persentase daya yang dihabiskan aplikasi yang terinstal di iPhone Anda.

Cara untuk mendeteksinya gampang, Anda bisa pergi ke Settings > Battery lalu tap ikon jam di sisi kanan untuk mengetahui aplikasi mana yang paling lama digunakan sehingga membuat baterai iPhone Anda jadi boros.

Jika Anda berkenan dan merasa aplikasi itu membuat baterai iPhone menjadi cepat low, Anda bisa segera meng-uninstall-nya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

2. Aktifkan Low Power Mode

Low Power Mode hadir sebagai fitur 'penolong' agar baterai Anda tidak cepat habis di pembaruan iOS 9.

Jika mode ini diaktifkan, ada beberapa fitur yang akan dimatikan atau dikurangi, seperti penerimaan email, pengunduhan otomatis, dan beberapa visual effect.

Cara mengaksesnya sangat mudah, Anda bisa pergi ke Settings > Battery dan aktifkan toggle Low Power Mode jika baterai iPhone Anda sudah mau habis.

3. Matikan GPS dan Bluetooth

Seringkali dibahas bahwa penggunaan GPS serta Bluetooh nyatanya dapat menguras daya baterai iPhone Anda. Oleh karena itu, gunakan kedua fitur tersebut jika diperlukan pada waktu-waktu tertentu.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Reduce Motion

Seperti diketahui, sejak dirilisnya iOS 7, Apple memperkenalkan parallax effect, yang memungkinkan Anda untuk memiringkan perangkat Anda sehingga Anda dapat melihat sensasi kedalaman dari wallpaper yang Anda gunakan.

Nyatanya, motion tersebut dapat mengurasi daya baterai yang cukup besar. Untuk mematikan animasi seperti ini, Anda dapat pergi ke Settings > General > Accessibility > Reduce Motion.

5. Kurangi Background App Refresh

Background App Refresh merupakan sebuah fitur yang memungkinkan aplikasi untuk melakukan refresh konten, meski Anda sedang tidak menggunakan aplikasi tersebut.

Dengan begitu, saat Anda membuka aplikasi tersebut, Anda akan disajikan dengan konten yang sudah diperbarui. Namun jika Anda terlalu sering menggunakan fitur ini, baterai iPhone Anda pasti akan cepat habis.

Anda dapat mengubah pengaturan ini dengan mengakses Settings > General > Background App Refresh.

(Jek/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini