Sukses

Kena `Jebakan Betmen` Toko Kece, Pengguna XL Merasa Dirugikan

Pengguna layanan operator seluler XL merasa terkena `jebakan betmen` layanan Toko Kece.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pengguna layanan operator XL mengeluh dengan layanan Toko Kece. Layanan ini adalah hasil kerja sama XL dengan Opera Software yang memungkinkan pengguna untuk mengunduh game atau aplikasi premium dengan harga terjangkau.

Namun yang menjadi masalah, pengguna merasa terkena `jebakan betmen`. Mereka yang merasa tidak berlanggan layanan ini, tiba-tiba mendapatkan SMS: "Terimakasih permintaan Anda sedang diproses. Terimakasih sudah langganan layanan Toko Kece. Unduh aplikasi otomatis perpanjang Rp 5.500."

"Ketika saya sedang browsing menggunakan browser Opera, tiba-tiba muncul iklan popup Toko Kece. Saat saya tap tanda silang untuk menutup, saya malah berlangganan. Ini jebakan betmen dan saya merasa dirugikan," kata salah satu pengguna XL kepada tim Tekno Liputan6.com, Minggu (20/12/2015).

Setelah kami mendalami masalah ini, ternyata banyak pengguna XL di sejumlah forum yang mengeluhkan masalah tersebut.

Saat dihubungi tim Tekno Liputan6.com, pihak XL belum mau memberikan komentar karena mereka ingin mendalami masalah tersebut terlebih dahulu.

"Kami coba cek masalah ini dulu di internal. Untuk saat ini kami belum bisa memberikan tanggapan atas masalah tersebut," kata pihak internal XL yang tidak mau disebutkan namanya.

Sebagai informasi, belum lama ini Opera Software bekerjasama dengan tiga operator terbesar di Indonesia, menghadirkan layanan unduh aplikasi dengan biaya langganan mingguan. Cukup dengan Rp 5.500, pengguna sudah bisa mengunduh ribuan aplikasi sepuasnya.

Toko Kece adalah nama toko aplikasi berlangganan dari XL (nama berbeda-beda di setiap operator).

(Isk/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini