Sukses

Menakjubkan, Ini Wujud Bumi Dilihat Langsung dari Permukaan Bulan

Foto ini diberi nama "Earth Rise", karena tampilannya seolah memperlihatkan Bumi muncul dalam gerakan perlahan dari permukaan Bulan.

Liputan6.com, California - The National Aeronautics and Space Administration (NASA) baru saja merilis foto terbaru yang memperlihatkan bagian Bumi. Kali ini, penampakan Bumi yang muncul dalam gambar beresolusi tinggi tersebut dinilai tidak biasa, karena memperlihatkan bagian Bumi secara menyeluruh dari permukaan bulan.

Menurut yang dilansir Huffington Post, Selasa (22/12/2015), foto tersebut diambil langsung dari Lunar Reconnaissance Orbiter (LRO), sebuah spacecraft kecil milik NASA yang telah mengorbit Bulan selama enam tahun terakhir.

Diungkap, sebetulnya misi utama LRO adalah untuk mengambil rangkaian foto permukaan Bulan secara utuh. Namun, kamera spacecraft milik Badan Antariksa Amerika Serikat itu tak sengaja mengambil beberapa foto ketika tengah berada di sebuah permukaan dimana Bumi tampil secara penuh.

Pihak NASA menjelaskan, foto tersebut diambil berdasarkan kombinasi bidikan kamera onboard narrow-angle yang mana mampu menghadirkan resolusi tinggi berwarna hitam putih, dan juga kamera wide-angle yang mampu mengambil gambar resolusi rendah berwarna.

Foto menakjubkan ini diberi nama "Earth Rise", karena seakan memperlihatkan Bumi muncul dalam gerakan perlahan dari permukaan Bulan.

earth

Mark Robinson, peneliti NASA yang juga merupakan ilmuwan dari Arizona State University mengatakan bahwa sebetulnya penampakan Bumi ini tidaklah bisa dilihat secara langsung dari permukaan Bulan. Untuk melihat penampakan indah ini, dilanjutkan olehnya, hanya bisa ditangkap melalui kamera spacecraft. 

"Bumi, jika dilihat dari Bulan akan muncul layaknya pasang surut. Oleh karena itu, kamera spacecraft milik kami mampu menangkapnya dari horizon yang kami anggap begitu pas, sehingga menghasilkan posisi yang seakan memperlihatkan terbitnya Bumi," tuturnya.

Ini memang bukan pertama kalinya penampakan Bumi diambil oleh NASA langsung dari Bulan. Namun, sejauh ini foto tersebut dinilai paling sesuai lantaran menghadirkan sisi lain Bumi dari perspektif lunar permukaan Bulan.

(Jek/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini