Sukses

Asyik, Lagu The Beatles Segera Hadir di Layanan Streaming

Jika mengacu pada Billboard, "ada indikasi kuat" bahwa band rock era 60an ini akan muncul di layanan streaming pada 24 Desember.

Liputan6.com, Jakarta - Mungkin banyak orang bertanya-tanya, apakah lagu-lagu The Beatles akan hadir dalam daftar katalog layanan music streaming. Tanpa mengurangi rasa hormat pada Taylor Swift dan Adele, The Beatles masih tetap menjadi band terbesar dan terpopuler pasca pembubarannya pada 45 tahun lalu. 

Namun, jika mengacu pada Billboard, "ada indikasi kuat" bahwa band rock era 60an ini akan muncul di layanan streaming pada 24 Desember. Meski demikian, belum ada informasi akurat terkait hal tersebut. 

The Beatles, yang mana para anggotanya berpisah dan memilih membuat album sendiri, sudah menyadari  hal ini. Kehadiran band di layanan streaming akan mendorong lebih banyak pengguna untuk streaming ketimbang mengunduh.

Bicara soal streaming, layanan semacam itu kini mulai menjamur. Apa pasal? Awal tahun ini, Warner Music Group, mengatakan bahwa lebih mudah meraup uang dari layanan streaming ketimbang menjual album/lagu dengan jalur unduhan (download).

Apple, rajanya download (iTunes), bahkan mengembangkan layanan music streaming miliknya sendiri. Saat itu, Adele masih 'menjauhkan' albumnya dari platform serupa, dan lebih memilih mencetak penjualan dari rekaman.

Sementara Swift lebih memilih jalur sendiri untuk memasarkan lagu-lagunya. Swift bahkan sempat menarik kembali lagu-lagunya dari Spotify dan sempat mengancam Apple apabila tidak membayar royalti selama periode trial di Apple Music.

Selama kurun waktu enam bulan di 2015, penjualan lagu lewat unduhan digital tercatat sebesar US$ 1,29 miliar, menurut data Recording Industry Association of America. Namun turun dari US$ 1,32 miliar pada periode sama tahun lalu. 

Malah, royalti streaming tercatat naik menjadi US$ 1,02 miliar, dari sebelumnya US$ 834 juta. Tak lagi diragukan bahwa penjualan lagu streaming akan melampaui lagu unduhan di 2016. 

(Cas/Isk) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.