Sukses

Wow, Komputer Ini Bisa Prediksi Kelangsungan Sebuah Pernikahan

Untuk mengetahui keadaan sebuah perkawinan, komputer ini menganalisa suara, kata yang digunakan, serta bahasa tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Harus diakui bahwa kehidupan pernikahan bukanlah suatu hal yang dapat berjalan dengan mulus. Dalam perjalanannya, setiap pasangan pasti mengalami berbagai masalah, mulai dari yang ringan sampai besar, termasuk yang dapat mengancam hubungan keduanya.

Di saat seperti itulah, tidak sedikit pasangan yang memilih untuk bercerita ke orang terdekat ataupun menggunakan jasa konsultasi pernikahahan. Namun jika biasanya proses itu dilakukan melalui oleh manusia dengan manusia, hal berbeda dilakukan sekelompok peneliti dari University of Southern California dan Utah.

Mengutip informasi dari laman Ubergizmo, Sabtu (26/12/2015), kelompok ilmuwan tersebut dikabarkan sedang mengembangkan sebuah program komputer yang dapat mengetahui kondisi sebuah pernikahan.

Untuk melakukan hal tersebut, komputer ini akan menganalisis informasi berdasarkan suara dari pasangan tersebut. Dari proses analisis itulah, nantinya komputer ini dapat memprediksi hubungan dalam sebuah pernikahan, apakah akan lebih baik, sama saja, atau lebih buruk.

Komputer ini mampu menangkap beberapa jenis ucapan, mulai dari rasa gugup, kekerasan, termasuk kemilau. Brian Baucom, salah seorang peneliti menuturkan bahwa komputer ini juga mengukur kegoyahan pribadi seseorang berdasarkan suara.

Lebih lanjut juga dijelaskan, bahwa untuk memprediksi hubungan pernikahan, komputer ini tidak hanya menggunakan suara. Komputer ini juga dapat menilai dari aspek interaksi lain, seperti kata-kata yang digunakan dan bahasa tubuh.

Meskipun, program ini dijalankan oleh komputer, namun nyatanya mampu memberikan hasil prediksi yang cukup baik. Dalam beberapa prediksi mengenai kemungkinan sebuah pernikahan akan kembali baik, komputer ini mencatat akurasi sampai 78 persen. Nilai tersebut mengalahkan prakiraan dari manusia yang mencatat 76 persen.

(Dam/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.