Sukses

Instagram Bakal Boyong Fitur 3D Touch ke Android

Peek sebetulnya merupakan fitur yang sama persis hadir di perangkat iOS, yang mana pengguna bisa mengintip preview foto dengan 3D Touch.

Liputan6.com, California - Instagram berencana akan kembali membawa fitur 'Peek' ke perangkat Android. Sebelumnya, fitur ini telah diperkenalkan lebih dulu oleh jejaring sosial berbagi foto yang telah diakuisisi Facebook tersebut. Hanya saja, karena beberapa alasan yang tidak dibeberkan, fitur itu dihilangkan untuk sementara.

Peek sebetulnya merupakan fitur yang sama persis hadir di perangkat iOS -- iPhone 6s dan 6s Plus -- yang mana pengguna bisa mengintip preview foto dengan menggunakan 3D Touch.

Menurut yang dilansir Ubergizmo, Selasa (5/1/2016), kabarnya Instagram bakal memboyong fitur tersebut ke pembaruan yang akan hadir khusus untuk perangkat Android dalam waktu dekat. Namun, Instagram belum berkomentar lebih lanjut terkait rencana kehadiran fitur andalannya ini.

Peek, sebagaimana sering disebut 'Peek and Pop' pertama kali hadir untuk perangkat iOS. Pada dasarnya, fitur tersebut merupakan pengembangan dari 3D Touch, di mana pengguna iOS bisa menekan layar sedikit lebih keras untuk melihat preview foto, dan bisa menekan lebih keras lagi agar bisa melihat foto tersebut secara penuh.

Dengan fitur ini, pengguna bisa browsing foto-foto dengan lebih cepat tanpa harus membuka layar foto baru satu demi satu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sekilas Tentang 3D Touch

3D Touch sendiri membuat layar iPhone dapat mengenali tingkat tekanan. Artinya, pengguna bisa melakukan berbagai hal berbeda tergantung dari seberapa keras mereka menekan layar. Semakin keras dan lama layar ditekan, akan menghasilkan efek berbeda dibandingkan tekanan layar biasa.

Beragam tekanan yang 'dirasakan' layar bisa dikatakan seperti shortcut atau jalan pintas yang bisa digunakan oleh pengguna. Misalnya, jika pengguna ingin mendapatkan petunjuk arah ke rumah, cukup tekan agak lama (long-pressing) aplikasi Maps di homescreen.

Melihat hal ini, sah-sah saja jika fitur 3D Touch hadir di perangkat selain iOS. Seperti yang diwartakan sebelumnya, berdasarkan sebuah riset yang dilaporkan badan analisis teknologi IHS, teknologi tersebut mulai akan diaplikasikan beberapa vendor smartphone dalam waktu dekat untuk perangkat Android.

Hasil riset itu mengungkap bahwa sekitar 25 persen smartphone baru yang akan hadir di kuartal ketiga dan keempat akan menghadirkan fitur 3D Touch. Jadi, bukan tidak mungkin jajaran smartphone Android akan hadir dengan menggunakan fitur tersebut di tahun ini.

(Jek/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini